Berawal Dari Hobi, Perangkat Desa Seso Sukses Kembangkan Bisnis Burung Perkutut


 Yogo saat memilih kualitas burung yang ia baru beli
 dari temannya dan untuk dijual kembali


APDESINEWS.COM- Berawal dari hobinya memelihara burung, Yogo yang berkerja sehari-hari sebagai perangkat Desa Seso, Kecamatan Jepon Kabupaten Blora kini sukses kembangkan bisnis jual beli burung perkutut. Dari hobinya tersebut saat ini dirinya bisa mendapatkan pengasilan tambahan.

Salah satu jenis burung  yang saat ini ia kembangkan adalah burung perkutut. Dirinya memilih burung perkutut tersebut tak lain ialah karna mudah mendapatkannya dan  banyak permintaan dari pembeli. Rata-rata pembelinya merupakan pembeli dari luar daerah seperti Kudus, Jepara,Rembang, bahkan dari Jakarta yang penjulannya  melalui jasa pengiriman.

“Dalam satu minggu untuk burung berkutut bisa laku sampai 400 burung, ini rata-rata orang luar daerah pembelinya, ada yang lagsung datang kesini dan banyak juga yang lewat jasa pengiriman”. Ujarnya Yogo saat ditemuai dirumahnya.

Dihalaman depan rumahnya ratusan burung berkutut siap untuk dijual, tak hanya itu diruang tamu rumahnya juga dipenuhi sangkar- sangkar burung yang juga siap dijual.Untuk burung Perkutut sendiri Yoga mendapatkannya dari berbagai relasinya yang ada di Blora, teman-temannya yang ada di sekitar hutan di wilayah Blora ia hubungi untuk mencari burung perkutut, kemudian dirinya membeli untuk dijual kembali. 

Sebelum dijual Yogo memisahkan terlebih dahulu mana burung perkutut yang berkualitas bagus dan biasa, dari situlah Yoga bisa meraup keuntungan yang lumayan, untuk bisa menambah penghasilan tiap harinya.

“ kalau hasilnya tiap bulan gak saya itung, yang penting lumayan bisa untuk biaya anak sekolah serta bisa menambah kebutuhan sehari-hari”.Ungkap Yogo

Berawal hanya memiliki 2 kandang, sekarang ia memiliki 10 kandang burung perkutut, tak hanya itu belum lama ini dirinya juga membeli sepeda motor baru dari hasil penjulan burung tersebut. Untuk harga burung berkutut sendiri ia mengatakan mulai dari harga 15.000 hingga 600.000 per ekor. Untuk satu burungnya dirinya bisa memperoleh keuntungan 5.000 hingga ratusan ribu dan tergantung dari bagus tidaknya burung berkutut tersebut.

“ Ya kalau yang biasa saya untung paling sekitar 5.000 an tapi kalau pas kebetulan mendapatkan burung yang bagus bisa untung ratusan ribu”. Ungkap Yogo yang sehari-hari sebagai perangkat Desa.( Ag)


Related

Ekonomi 4726047130227944112

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item