Atasi Angka Kemiskinan, Kades Kalangrejo Beri Bantuan Ternak Kambing


 
 Kepala Desa Kalangrejo, Mulyanto

 APDESINEWS.COM- Dalam rangka mengurangi angka kemiskinan warga, Desa Kalangrejo, Kecamatan Kunduran anggarkan bantuan ternak kambing indukan atau betina melalui Anggaran Dana Desa tiga tahun berturut - turut, yaitu sejak tahun 2016 - 2018. Kepala Desa Kalangrejo, Mulyanto mengungkapkan kepada Apdesi News, usai membuka musyawarah Desa, yang dihadiri oleh para Perangkat dan Ketua RT Desa setempat, di Balai Desa Kalangrejo, pada Selasa (9/10/2018).

" Setiap kali akan membagikan bantuan, kami selalu melibatkan Ketua RT kami, untuk menentukan siapa yang layak untuk mendapatkan bantuan, karena merekalah yang paling tahu kondisi warga sekitarnya, Alhamdulillah dengan cara ini, semua bisa terlaksana dengan lancar, termasuk pemberian bantuan ternak kambing bagi yang tidak mampu dan penyandang difabel," paparnya.


3 Tahun Bantu Ternak Warga
Sudah berjalan tiga tahun ini, bantuan ternak kambing kepada warga dianggap berjalan lancar dan efektif menanggulangi kemiskinan warganya, Kades Kalangrejo menilai bantuan ini berhasil dikembangkan, karena berasal dari kambing betina indukan yang sehat.

" Tahun pertama dan kedua (2016-2017), masing - masing 15 ekor untuk 15 RT, ini sudah berkembang, memiliki anak 3 - 4 ekor per kambing yang kita bantu, oleh karena itu, tahun ini (2018.red) kami tingkatkan menjadi 25 ekor kambing betina indukan untuk 25 warga kami, yang sesuai dengan ketentuan yaitu warga miskin dan difabel," ungkapnya.

Pemantauan dan Pengawasan Ketat
Saat dikonfirmasi terkait pengawasan dan pemantauan bantuan, Kades menyampaikan bahwa, itu berada dalam pantauan dan pengawasan oleh perangkat dan RT penerima manfaat, dan itu telah dilaksanakan dengan baik oleh mereka.

"Tidak ada bantuan yang dijual, kecuali kalau mau ganti pelihara sapi, kami terus menghimbau agar kambing bantuan tidak dijual, tetapi kalau sudah beranak, ya gak papa anaknya dijual, tapi warga kami justru mengembangkan, oleh karena itu, kami tingkatkan terus bantuannya, dan itu bergiliran, untuk warga yang tidak mampu lainnya," ujar Kades Mulyanto, Kades yang menjabat sejak tahun 2013 hingga nanti 2019, untuk periode yang pertama di Desa yang berpenduduk 1500 jiwa, dan terbagi dalam tiga dukuhan ini. (Ag/Rome)

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item