SUSUN RKPDES DINAS PMD GELAR BINTEK

Bintek penyusunan RKPDes oleh Dinas PMD Blora.
Bintek penyusunan RKPDes
Blora, Apdesi - Pelaksanaan pembangunan Desa diharapkan bisa berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan oleh pemerintah Desa, beserta seluruh lembaga yang terlibat di dalamnya, yaitu Badan Perwakilan Desa atau yang biasa disebut BPD, Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) dan lain - lainnya.
" Kualitas pembangunan Desa, baik pelaksanaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban seluruhnya, sangat tergantung dengan rencana kerja yang disusun oleh Desa dan elemennya, serta harus diselaraskan dengan perencanaan pembangunan sesuai dengan visi misi pemerintah Kabupaten Blora, Propinsi dan Pusat," papar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Gunadi, dalam sambutannya, membuka bimbingan teknis, yang diselenggarakan di Resto Mr. Green, Seso, Blora, 8 - 19 November 2018.

Penyelarasan anggaran pembiayaan
Keterlambatan penetapan anggaran, ikut berpengaruh dalam penyusunan perencanaan pembangunan di seluruh tingkatan, termasuk pemerintahan Desa. Hal itu terjadi karena anggaran pembiayaan tersebut, juga masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja Desa. Namun proses ini tidak boleh berhenti, penyusunan RKP Desa harus tetap berjalan, pemerintah Desa melakukan persiapan - persiapan dan mensosialisasikannya dengan mengacu pada RKP Desa tahun sebelumnya, karena RKP itu harus disusun setiap tahun, idealnya mulai disusun pada bulan juli, kemudian ditetapkan dengan peraturan Desa, selambat - lambatnya akhir September untuk tahun berikutnya, atau bulan januari tahun berjalan. Karena akan menjadi dasar penetapan APBDes maka sebaiknya dapat diselesaikan pada awal Desember, sehingga bisa ditetapkan pada akhir Desember pula. Oleh karena itu, sebaiknya seluruh pemangku kebijakan diseluruh tingkatan, mulai Pusat, Propinsi, Kabupaten/Kota hingga Desa bisa disiplin dalam penetapan tahapan tersebut, karena semua saling terkait.(Rome)

Related

Pemerintahan 2047856313006049287

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item