TP PKK DESA JIWOREJO GELAR PELATIHAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN


APDESINEWS.COM- TP PKK Desa Jiworejo menggelar Pelatihan Pemanfaatan Pekarangan “Hatinya PKK”, Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Jiworejo dan diikuti oleh puluhan  peserta yang juga dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan Jiken serta Ketua Pokja III Kec Jiken, Jumat (21/12).

Ketua Panitia, Nuarita Sri Indiarti mengatakan tujuan kegiatan ini yakni sebagai upaya untuk memberdayakan anggota keluarga agar tahu, mau dan mampu membudidayakan, menerapkan dan memanfaatkan tanah pekarangan.

“Maksud dan Tujuan kegiatan ini selaian Sebagai salah satu program kerja TP PKK Desa Jiworejo yakni untuk meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan, di pedesaan serta untuk membudidayakan tanaman pangan, buah, sayur dan masyarakat bisa memanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhannya sehari-hari”. Katanya.

Menurutnya, Melalui kegiatan ini diharapkan kebutuhan pangan serta gizi keluarga dan masyarakat dapat terpenuhi, melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari. Dalam pelatihan tersebut peserta mendapatkan bantuan bibit berupa cabe, tomat, pepaya, dan terong serta polibeg untuk media tanam.
 
“Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kelestarian dan keberagaman sumber pangan lokal” katanya.

Nuarita juga menjelaskan, para peserta pelatihan akan memperoleh materi, antara lain, bagaimana cara budidaya tanaman di lahan pekarangan dan kedua bagaiman cara membuat pupuk yang bagus, kedua materi tersebut disampaikan dari penyuluh pertanian Kecamatan Jiken.

“Kemudian materi terkait Pemanfaatan Lahan Pekarangan Hatinya PKK, yang akan disampaikan dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Jiken” katanya.
 
Sementara itu Ketua TP PKK Kecamatan Jiken , Ny. Indah Luluk mengatakan Halaman Pekarangan yang indah, rapi dan teratur akan menjadi enak jika dilihat, dan tentunya akan membuat senang orang yang melihatnya, terlebih jika halaman tersebut dapat menghasilkan kebutuhan pangan sehari-hari.

“Untuk itu pemanfaatan lahan pekarangan menjadi penting, harus diatur sedemikian rupa sehingga terlihak elok dan asri” katanya.

Menurutnya, keterbatasan lahan tidak menjadi hambatan ataupun alasan untuk tidak menanam sayuran dan buah-buahan, mengingat tanaman tersebut dapat hidup di polibag atau di plastik.


Ny. Indah Luluk berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta dan keluarga, serta lingkungan sekitar di tempat tinggal masing-masing. “Semoga dengan kegiatan ini, juga dapat menambah penghasilan keluarga” katanya.

Perlu diketahui bersama Posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo ini telah meraih beberapa prestasi, diantaranya Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Kecamatan Jiken pada tahun 2016. Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Kabupaten Blora tahun 2017. Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Jawa Tengah 2017, dan terakhir Juara 1 Pelaksana Terbaik Posyandu tingkat Nasional tahun 2018 yang penilaiannya dilaksanakan April lalu. ( Ag)

Related

Desa 5605711589404931953

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item