Disdik Optimalisasi Pendidikan

Bintek OSN untuk Guru Mapel Sains dari Dinas Pendidikan Kabupaten Blora
Persiapan UNBK SMP
Blora, Apdesi - Mengawali tahun 2019, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora langsung tancap gas, mengoptimalkan mutu pendidikan bagi siswa - siswi di tingkat pendidikan dasar, SD dan SMP se Kabupaten Blora. Dua agenda yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, agenda pertama adalah menggelar bedah kisi - kisi materi Ujian Nasional Berbasis Komputer disingkat UNBK, yang akan diselenggarakan bulan April yang akan datang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga tempat berbeda, yaitu di Gedung Pertemuan Dinas terkait, SMP Negeri 6 Blora, dan SMP Negeri 2 Blora, sesuai dengan 4 mata pelajaran yang diujiankan, digelar pada hari Jumat (4/1/2019). Sekretaris Dinas sekaligus Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sugiyanto, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut diatas, kepada Monitor Ekonomi di Kantornya, pada Kamis (3/1/2019).

" Kami ingin agar anak - anak dipersiapkan sebaik - baiknya, untuk UNBK bulan april ke depan, bedah kisi - kisi ini perlu kita siapkan untuk drill materi ujian nantinya," ungkapnya.

Bintek Guru OSN
Kegiatan kedua adalah bimbingan teknis kepada 28 guru pembimbing Olimpiade Sains Nasional, di Gedung Pertemuan Hotel Mustika, Blora pada hari yang sama, selama dua berturut - turut yaitu jumat dan sabtu, 4 - 5 Januari 2019. Kalau biasanya yang mendapatkan bimbingan adalah siswa, kali ini yang dikarantina adalah guru pembimbing untuk mata pelajaran sains.

" Bimbingan teknis ini dikuti oleh guru, yang mengajar mata pelajaran sains, yaitu matematika, fisika dan biologi untuk tingkat Sekolah Dasar, tujuannya adalah nantinya mereka akan mendapatkan ilmu untuk ditransfer kepada siswa siswinya, jadi nanti semuanya bisa mendapatkan ilmu yang sama dan kompetisi yang sama di Olimpiade Sains" tambah Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Sugiyanto.

Sarana Prasarana terpenuhi
Plt. Kepala Dinas Pendidikan Blora, Drs. Sugiyanto, M.Si
Dalam pelaksanaan UNBK SMP bulan April nanti, persiapan sarana prasarana, yaitu perangkat komputer dan server serta genset telah terpenuhi, melalui pengadaan barang dan jasa komputer yang telah dianggarkan pada tahun lalu (2018.red).
Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Bambang Sinung Widoyoko mengungkapkan, bahwa komputer dan server telah ada di seluruh sekolah di Blora.

" Dinas telah mempersiapkannya pada anggaran tahun lalu, 2018 dan itu sudah mencukupi, namun masih ada juga yang nantinya harus menumpang di sekolah lain, karena masalah jaringan sinyalnya, misalnya untuk sekolah - sekolah satu atap atau satap yang lokasinya jauh dari jangkauan layanan internet, ada sekitar 7 sekolah yang nantinya menumpang dengan sekolah lain," paparnya.

Peringkat 3 se Jateng
Tak dinyana perjuangan keras jajaran stake holder pendidikan di Blora, mengoptimalkan mutu pendidikan untuk siswa siswi di seluruh Blora, membuahkan hasil. Blora di tingkat SD mendapatkan peringkat ketiga terbaik se Jawa Tengah, pada Ujian Nasional tahun ajaran 2018 yang telah lalu.

" Banyak pihak yang tidak percaya akan hasil itu, sehingga muncul tuduhan - tuduhan negatif saat pelaksanaan ujian tersebut, katanya siswa dibantu guru saat mengerjakan ujian, padahal itu jelas tidak mungkin, karena pengwas ujian itu berjenjang dan silang, dari sekolah satu dengan sekolah yang lain, bantuan kita adalah melakukan drill kepada siswa dalam fase persiapannya," tandas Sugiyanto kembali. Saat dikonfirmasi terkait targetnya tahun ini (2019.red)

" Target kami bisa mempertahankan prestasi ini, sukur bisa menjadi yang terbaik, dan kami masih mengupayakan untuk siswa SMP yang mengalami penurunan peringkat, dan kami minta orang tua juga ikut mendukung dengan memberikan pengawasan kepada anak - anaknya, karena keberhasilan pendidikan juga menjadi tanggung orang tua dan masyarakat lingkungan sekitar," tandasnya kembali. (tim/Apdesi)

Related

Pendidikan 5891203512475568498

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item