JUARAI POSYANDU TINGKAT NASIONAL, DESA JIWOREJO SERING DIKUNJUNGI BERBAGAI DAERAH


Anggota Tim Pengerak PKK Desa Jiworejo
 saat melakukan persiapan menerima Studi Banding dari Daerah lain.

 
APDESINEWS.COM- Keberhasilan posyandu Margo Makmur I Desa Jiworejo, Kecamatan Jiken yang mendapatkan juara 1 tingkat nasional pada tahun 2018 ternyata membawa dampak positif. Yakni, hadirnya banyak pihak yang ingin menimba ilmu terkait implementasi kader posyandu berprestasi.

Nuarita Sri Indiarti yang merupakan Tim Pengerak PKK Desa Jiworejo ini menjelaskan setelah mendapatkan juara posyandu ini banyak yang melakukan studi banding ke desanya tersebut, seperti  dari kecamatan cepu, Kabupaten Kudus, Surakarta, Magelang bahkan dari Sumatera Barat. Selain  itu Naurita juga menyampaikan besuk kamis, 17/01/2019 juga kedatanagan  tamu Tim Pengerak (TP)  PKK dari Kabupaten Sragen.

“Alhamdulilah sekarang desa kami banyak dikunjungi dari daerah lain untuk belajar Posyandu, dari Blora sendiri maupun dari Kabupaten lain”. Kata Nuarita yang merupakan Istri dari Kades Desa Jiworejo.

Nuarita juga menjelaskan, para Tim Pengerak PKK dari Kabupaten lain yang melakukan studibanding  ke Desanya  tak lain adalah belajar terkait bagaimana peran aktif posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo, serta belajar terkait, Bina Keluarga Balita( BKB), Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK R), Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) juga bagaimana pemanfaatan lahan untuk posyandu.
 Nuarita Sri Indiarti saat merawat tanaman 
yang ditanam dilahan kosong menggunakan media polybag

Tak hanya itu saja para pengunjung juga diajari bagaimana cara menjalankan pelayananan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Desa Siaga serta Pospindu, poslandi dan lainnya.

Terkait banyaknya Tim Pengerak (PKK) dari daerah lain yang datang ke Desanya Nuarita merasa bangga atas kedatangan, dirinya mengharapkan setelah melakukan studi banding ke Desa Jiworejo nanti bisa membantu menjalankan posyandu dimasing-masing wilayahnya untuk lebih baik.

“setidaknya daerah lain yang berkunjung ke sini bisa lebih baik dari kami, dan tentunya diharapkan bisa menjadi juara juga”.kata Nuarita





Pemanfaatan lahan Kosong buat tanaman sayur
 yang berada di kantor Desa Jiworejo


Perlu diketahui bersama Posyandu Margo Makmur 1 Desa Jiworejo ini telah meraih beberapa prestasi, diantaranya Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Kecamatan Jiken pada tahun 2016. Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Kabupaten Blora tahun 2017. Juara 1 Pelaksana Posyandu Terbaik tingkat Jawa Tengah 2017, dan terakhir Juara 1 Pelaksana Terbaik Posyandu tingkat Nasional tahun 2018 yang penilaiannya dilaksanakan April lalu, jadi tak heran apabila sekarang desa Jiworejo sering didatangi dari berbagai daerah untuk belajar Posyandu disana. ( Ag)

Related

Desa 706717418906137686

Posting Komentar

  1. bolehkah kami study banding di akir bulan oktober 2020 ini ?

    BalasHapus

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item