Warga Japah Antusias Ikuti Pemilu BPD



APDESINEWS.COM - Sebanyak 18 Calon Badan PermusyawaratanDesa (BPD) mengikuti pemilihan langsung yang digelar panitia pemerintah Desa Japah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pemilihan umum langsung dilaksanakan beberapa tahap pada sejumlah dukuhan di wilayah setempat.
Kepala Desa Japah Yuswanto menyampaikan, pemilihan langsung dilaksanakan untuk mengedukasi demokrasi langsung kepada warga masyarakat.

“Sebelumnya, telah kami sosialisasikan kepada warga tentang pengumuman pendaftaran BPD dan syaratnya,” kata Yuswanto, Kades Japah, di Japah, Rabu (22/5/2019).

Setelah ada warga yang daftar, lanjutnya, dilakukan penetapan oleh panitia dan disepakati dilaksanakan pemilihan langsung.

“Wilayah desa Japah ada tiga dukuh yakni Ngrowo, Japah dan Banyu Urip, sehingga waktu pelaksanaannya bertahap. Pemilihan langsung ini pertama kali dilaksanakan di kecamatan Japah,” katanya. 
Pihaknya mengapresiasi terselenggarannya pemilihan langsung calon anggota BPD di wilayahnya. Menurutnya, para calon tidak diperkenankan melakukan kecurangan dan politik uang.
“Ini demokrasi. Kami tekankan tidak ada politik uang yang dilakukan para calon anggota BPD. Antusias warga cukup bagus, aman dan kondusif,” katanya.  
Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pemilihan anggota BPD Japah, Rohadi, menjelasakan, pemilihan  langsung dilaksanakan beberapa tahap, yaitu dukuh Ngrowo dilaksanakan Senin (20/5/2019) diikuti sembilan orang calon dengan jumlah hak pilih 339 orang.
Kemudian di dukuh Japah dilaksanakan Rabu (22/5/2019) diikuti lima calon dengan jumlah hak pilih 225 orang.

Selanjutnya, di dukuh Banyu Urip dilaksanakan Kamis (23/5/2019) diikuti empat calon dengan jumlah hak pilih 175 orang. 

“Kami sudah sepakati bersama, termasuk fasilitas bilik suara, kotak suara dan tinta celup bagi yang sudah mencoblos. Para calon juga diminta hadir hingga pemungutan dan penghitungan suara selesai,” jelas Rohadi.

Lokasi tempat pemungutan suara ditentukan sesuai kesepakatan panitia. Salah satunya dilaksanakan di balai pertemuan Sekar Arum desa Japah. Semua panitia mengenakan kemeja warna putih.
“Jumlah anggota BPD yang dibutuhkan sebanyak tujuh orang. Terdiri, empat orang di wilayah dukuh Ngrowo, dua orang di dukuh Japah dan satu orang anggota BPD di dukuh Bayu Urip,” ujarnya.

Penentuan itu, menurutnya, berdasarkan perolehan suara dari hasil pemilihan langsung.
Sementara itu Ali Mutarom, salah seorang perangkat desa setempat mengatakan, pemilihan langsung calon anggota BPD ini dilaksanakan di bulan Ramadan 1440 Hijriah.

“Semoga di bulan yang penuh berkah ini hasil pemilihan langsung calon anggota BPD juga menjadi berkah pula untuk bersama membangun desa Japah,” katanya.

Menurutnya, pesta demokrasi lokal di wilayahnya itu, dinilai sebagai silaturahmi dan bagian dari ibadah di bulan Ramadan. 

Untuk diketahui pemilihan BPD dilaksanakan menyusul akan digelar pemilihan kepala desa serentak kabupaten Blora 2019 yang akan diikuti sebanyak 244 desa dan direncanakan akan dilaksanakan 4 Agustus 2019 (BB/Tgh)

Related

Desa 2128470532285575938

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item