Pemkab Blora Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan


APDESINEWS.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora menggelar bakti sosial bersih-bersih sungai (resik-resik kali) Grojogan di sepanjang jalan Sudarman dan sekitarnya, Jumat (2/8/2019).

Kegiatan itu diselenggarakan panitia tingkat Kabupaten Blora sesuai jadwal kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dan memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

Bakti sosial dibuka oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho pada apel kegiatan bersih-bersih sungai Grojogan di depan kantor Dindukcapil Blora.

Dalam kesempatan itu, Sekda membaca sambutan bupati Blora dan mengapresiasi bahwa budaya kerja bakti secara gotong royong harus membumi di wilayah Blora. Selain itu mengajak warga Blora untuk menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari pencemaran dan polusi.

"Karena kebersihan itu termasuk bagian dari iman. Mari kita ciptakan Blora kota yang bersih, nyaman dan tidak ada polusi," ujarnya.

Menurut Sekda Blora, kerja bakti dan gotong royong itu mulia, menjadi budaya bersama yang harus kita jaga dan lestarikan.

Ia mengimbau agar warga masyarakat peduli sampah. Tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah di sungai.

Apalagi, kata Sekda, sungai Grojogan dan sungai Lusi berada di pusat kota Blora sehingga kerap menjadi perhatian publik terkait bersih dan tidaknya di sekitar lokasi.

“Oleh karena itu harus kita jaga kebersihannya. Jangan membuang sampah di sungai,” ujarnya.

Bersih-bersih sungai Grojogan (Resik-Resik Kali Grojogan), menurut dia, merupakan momentum yang tepat untuk mengajak seluruh warga masyarakat dalam memperingati HUT Ke-74 Kemerdekaan RI Kabupaten Blora dengan kegiatan yang positif dan menanamkan jiwa serta semangat patriotisme, berkebangsaan serta cinta tanah air.

“Kami sarankan, ketika berlangsung kegiatan bersih-bersih di sekitar sungai, hendaknya juga disertai dengan kegiatan yang sama di masing-masing lingkungan kantor, khususnya OPD,” tandasnya.
Kegiatan bersih-bersih di sungai Grojogan diikuti oleh OPD, Pramuka, Polres, TNI Kodim 0721 Blora, Yonif 410 Alugoro, PMI Blora,  BUMN dan BUMD.

Pada kegiatan itu Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindunga Anak (Dinsos-P3A) Kabupaten Blora menjadi penanggung jawab kegiatan.
Sementara itu kendaraan truk dan bak terbuka pengangkut sampah, disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten blora.

Suasana nampak akrab dan semangat dengan peralatan kebersihan yang dibawa.
Pemerintah kabupaten Blora menyelenggarakan sejumlah kegiatan dalam rangka HUT KE-74 RI, yaitu  Tenis Lapangan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lapangan tenis Pringgodani Blora,  Minggu (21/7/2019).
Bakti sosial Resik-Resik Kali Grojogan di sepanjang kali Grojogan (Jalan Sudarman – Taman Tirtonadi), Jumat (2/8/2019.

Kemudian, Gerak Jalan Kecepatan dan Ketepan Waktu, Start Dan Finish Blok T Blora, Rabu (7/8/2019).

Festival Tari Kerakyatan, di Blok T Blora, Senin (12/8/2019). Pengukuhan Paskibraka, di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (15/8/2019). Mengikuti Sidang Paripurna Istimewa, di pendopo DPRD Blora, Jumat (16/8/2019). Tasyakuran di pendopo rumah dinas Bupati Blora,Jumat (16/7/2019).

Berikutnya, Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Bhakti Blora, Jumat (16/8/2019).
Upacara Bendera Kebesaran Detik-Detik Proklamasi di Alun-Alun Blora, Sabtu (17/8/2019). Serenande, di Alun-Alun Blora, Sabtu (17/8/2019).

Pawai Pembangunan PAUD/TK/SD, Start Alun-Alun Blora, Senin (19/8/2019). Malam Resepsi dan Hiburan di Alun-Alun Blora, menghadirkan bintang tamu Yuni Sara, Rabu (21/8/2019).

Jalan sehat di Alun-Alun Blora, Jumat (23/8/2019). Lomba K3 Antar OPD.
Selanjutnya, Pawai Pembangunan “Gemerlap Dalam Harmoni Nusantara” yang diikuti peserta dari SMA/SMK/OPD/Umum, di Alun-Alun Blora, Sabtu (24/8/2019).

Adapun tema HUT Ke-74 Kemerdekaan RI adalah Blora Berkarya Menuju Indonesia Maju.(Ag/Tgh)

Related

Nasional 3193581093226376572

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item