Linmas Srikandi Desa Cabak Beranggotakan Ibu Rumah Tangga.

APDESINEWS.COM - Siapa bilang wanita tidak bisa menjadi pelindung masyarakat. Untuk membuktikannya, 35 perempuan di Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, bertekad menjadi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) atau yang dulu dikenal sebagai Hansip.

Satuan Linmas Srikandi yang seluruh anggotanya adalah perempuan di Desa Cabak tersebut merupakan salah satu Satuan Linmas yang terbentuk Kabupaten Blora.

Kepala Desa Cabak, Ngadenan mengatakan, linmas perempuan yang kami bentuk ini merupakan perempuan pertama di Kabupaten Blora.

"Linmas perempuan ini dibentuk oleh Satuan Pamong Praja Kecamatan Jiken," terang Ngadenan.

Tujuan rekrutmen Linmas Perempuan, lanjud Ngadenan, hanya untuk menjaga dan melindungi Desa, agar tetap kondusif, aman dan nyaman, bagi seluruh warga.

“Bergabung 35 personel Linmas wanita memberi pemahaman baru di masyarakat bahwa wanita juga mampu berperan dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban," terangnya. Seluruh anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga, bahkan ada yang masih berstatus mahasiswa.

Minat perempuan di Desa Cabak untuk menjadi anggota satuan Linmas ternyata cukup tinggi. Terbukti. Saat dibukanya pendaftaran selama seminggu, banyak kaum hawa yang beminat menjadi anggota Linmas.

"Antusias warga untuk menjadi anggota linmas sangat tinggi. Ini terbukti saat kami buka pendaftaran banyak yang mendaftar, meski akhirnya kami putuskan untuk hanya mengrekut 35 personel," terang Ngadenan.

Ngadenan menambahkan 35 personel Linmas perempuan yang dibentuk juga dibekali keahlian dan memiliki kemapuan seperti Satuan Linmas lainnya seperti pelatihan baris berbaris, pengawalan kegiatan dan lainnya.

"Meski anggotanya perempuan, kami tetap latihan rutin dan mereka selalu dilibatkan dalam kegiatan gotong royong dan penanggulangan bencana," ungkap Ngadenan.

Pihaknya juga mengapresiasi kepada para perempuan yang berminat menjadi anggota Linmas.

"Ini menandakan kebangkitan perempuan di tingkat desa," katanya menegaskan.

"Linmas perempuan seperti di Desa Cabak harus jadi pilot project di Kabupaten Blora.***(Ely)

Related

Desa 968990524612137018

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item