Brantas Hama Tikus, Kades Gondel Pelopori Warga Bangun Rubuha



APDESINEWS.COM-Kepala Desa Gondel Suko Hadi Wiyono mempelopori warga untuk membangun Rubuha. Rubuha atau Rumah Burung Hantu adalah salah satu cara untuk menekan hama tikus yang merusak tanaman petani, dimana makanan burung hantu itu sendiri adalah tikus yang sangat meresahkan warga.

"Hal ini menyikapi kejadian meninggalnya warga akibat tersengat aliran listrik jebakan tikus di wilayah kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora beberapa waktu lalu," Ujar Suko

Dirinya bersama Warga serta dibantu Bhabinkamtibmas Desa Gondel  Brigadir Koko, membuat dan mensosialisasikan ke warga agar menggunakan Rubuha untuk membasmi hama tikus di sawah Jumat, (03/01/2020).

Suko mengatakan bahwa untuk tahap pertama ini, telah siap tujuh belas Rubuha yang akan di pasang di petak petak sawah warga, dan dalam berjalannya waktu, nantinya akan di tambah lagi.
"Kami coba metode Rubuha, Semoga metode ini efektif, jadi bisa menekan hama tikus, dengan cara yang aman dan ramah lingkungan, " ungkapnya. 

"Secara tradisi zaman dulu ketika dikasih tempat burung hantu tikus akan takut karena makanan burung hantu tersebut tikus. Dan keamanan lebih menjamin," tambahnya.


Hama tikus memang merugikan petani. Ia menyerang tanaman padi mulai persemaian sampai menjelang panen. Bahkan hasil panen yang sudah disimpan di rumah tidak luput dari seranganya.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Brigadir Koko,  juga menyampaiksn selama ini metode yang sudah dilakukan warga untuk menekan hama tikus adalah dengan memberikan racun bahkan ada yang memasang jebakan tikus dengan aliran listrik atau strum. Metode ini sebenarnya berhasil mematikan tikus, namun demikian bukan hanya tikus saja yang mati, bahkan sang empunya sawahpun ada yang menjadi korban sengatan aliran listrik tersebut hingga meninggal dunia.

"Belajar dari kasus kemarin, dimana ada warga yang meninggal karena tersengat arus listrik jebakan tikus, untuk itulah Kami bersama Kepala Desa mempelopori warga agar membangun Rubuha, Prosesnya memang agak lama, namun lebih efektif dan tentunya lebih aman dan ramah lingkungan." Ucap Koko

Pandi, Ketua Gapoktan desa Gondel mengatakan sangat senang dengan pendirian Rubuha di sekitar sawahnya. Ia berharap serangan hama tikus bisa berkurang. 

"Alhamdulillah dengan adanya Rubuha, semoga musim tanam nanti serangan hama tikus berkurang," kata Pandi. (Ag)

Related

Pertanian 7480324900526351398

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item