Ratusan Pengurus BUMDes di Jateng Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas




APDESINEWS.COM- Ratusan pengurus BUMDes melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bumdes kategori Dasar Angakatan 3 Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020, yang bertempat di Hotel Lorin D'Wangsa Solo yang dilaksanakan sejak Selasa hingga Jumat (10-14/03/2020).

Pelatihan tersebut diselenggarakan melalui Dispermasdesdukcapil provinsi jawa tengah yang diikuti 600 pengurus BUMDes yang ada di Jawa Tengah guna untuk mewujudkan pengelolaan ekonomi desa melalui BUMDes,  sehingga dalam mengikuti pelatihan nantinya pengelolaan BUMDes bisa lebih efektif, terarah, produktif,  dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Pemberdayaan, Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah,  Sugeng Riyanto dalam sambutannya mengatakan dalam rangka mewujudkan pengelolaan ekonomi desa melalui BUMDesa,  pemerintah provinsi jawa tengah berada di garda depan dalam dukungan komitmen yang maksimal secara nyata.

Upaya yang dilakukan yakni dengan penyusunan Peraturan Gubenur Nomor 18 Tahun 2018 tentang pedoman Pembinaan
Pengawasan BUMDes dan menyusun roadmap grand design pengembangan BUMDes diwilayah provinsi jawa tengah.


"Regulasi dan peta jalan ini diharapkan sebagai alternatif solusi dalam menjawab tantangan bahwa sebagian besar BUMDes di jawa tengah masih kesulitan untuk menjalankan usahanya," Ujarnya.

Sugeng Riyadi juga berharap kepada BUMDes harus bisa mampu menggerakan ekonomi desa sehingga menjadi penompang target 7% pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

Sementara itu Marsam ketua BUMDes dari Desa Palon Blora,  salah satu peserta pelatihan merasa senang dan terbantu dengan adanya pelatihan ini.

Marsam berharap setelah mengikuti pelatihan ini bisa meninggkatkan dan menumbuhkembangkan usaha BUMDes yang ada di Desanya dan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memberikan PAD kepada desa.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali bagi peserta maupun pengurus BUMDes,  sehingga saya berharap nantinya bisa menjalankan BUMDes di desa saya lebih baik lagi setelah mengikuti pelatihan ini," Uangkapnya.(Ag)


Related

Pemerintahan 1312223376771061341

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item