RAUP UNTUNG BESAR MAS ARIF DUKUNG PENGEMBANGAN KAMPUNG PELANGI DESA BANGSRI

Wakil Bupati Blora, Arif Rohman, M.Si memukul Gong dipanggung  tempat pagelaran wayang kulit di desa Bangsri dengan didampingi Kepala Desa Bangsi, YANNANTA LAGA KUSUMA 

 APDESINEWS BLORA. Kampung Pelangi Desa Wisata Bangsri, Kecamatan Jepon yang bulan lalu ditinjau oleh Kementerian Desa PDTT, semalam, Rabu (9/9/2020), akhirnya diresmikan dengan hiburan Pagelaran Wayang Kulit Ki Sigid Ariyanto Rembang dengan lakon Begawan Bimosuci.


Peresmian secara simbolis dikakukan oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman M.Si, didampingi Kepala Desa Bangsri, Laga Kusuma, dengan pemukulan gong dan dilanjutkan penyerahan tokoh wayang kepada dalang kondang Ki Sigid Ariyanto.


Dalam sambutannya, Kades Muda yang masih berusia 29 tahun ini menceritakan bahwa ide pembuatan Kampung Pelangi ini muncul ketika sering bepergian ke Semarang dan Malang untuk mengikuti balap motor.


“Pada dasarnya saya dulu ini seorang seniman, tukang gambar dan ngecat. Ketika melihat ada Kampung Pelangi di Semarang dan Malang ternyata kok bagus, setelah saya riset di eks Karesidenan Pati belum ada sehingga muncul ide untuk bikin di Bangsri ini. Kebetulan salah satu visi misi saya saat dilantik jadi Kades adalah membuat desa wisata,” terang Laga Kusuma, yang juga atlet balap motor ini.


Proses pengerjaan Kampung Pelangi inipun dikerjakan secara bersama-sama dengan seluruh pemuda karang taruna dengan arahan dirinya. Anggarannya menggunakan dana desa yang telah disepakati bersama dalam musyawarah desa.


“Awalnya banyak yang mempertanyakan dan meragukan, apakah bisa kampung yang dicat warna warni dan dilukis beragam gambar mural dapat menarik kunjungan masyarakat. Ternyata sekarang terbukti dengan banyaknya pengunjung. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang kita gelar dengan melibatkan masyarakat lokal. Alhamdulillah dalam satu bulan kemarin bisa memperoleh sampai Rp 70 jutaan,” sambung Laga.


Banyaknya pengunjung ini juga dimanfaatkan masyarakat Bangsri dengan membuka peluang usaha berjualan minuman, kuliner, dan jajanan lainnya sehingga ekonomi desa juga bergerak.


“Masih banyak ide-ide yang belum bisa kita laksanakan. Kedepan kita ingin membuat kebun bunga celosia juga di Kampung Pelangi ini. Agar masyarakat tidak bosan dan terus ingin kembali datang. Pengelolaan Kampung Pelangi ini langsung oleh para karang taruna pemuda desa dibawah BUMDes Maju Mapan,” pungkasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si dalam kesempatan itu mengapresiasi dan siap mendukung pengembangan Kampung Pelangi Bangsri.


“Kampung Pelangi yang digagas Mas Kades Muda Laga Kusuma ini memang top. Tidak hanya viral di Blora saja, bahkan sampai Kementerian Desa. Ini membuktikan ketika pemuda diberikan kepercayaan untuk memimpin wilayah, ternyata juga bisa dan penuh inovasi,” ujar Wabup H. Arief Rohman, M.Si.


Sebagai bentuk dukungan pengembangan Kampung Pelangi, pihaknya siap bekerjasama mencarikan bantuan untuk program program selanjutnya.


“Kami siap mengawal dan membantu mencarikan bantuan. Misal lewat CSR perusahaan atau BUMN agar bisa diberikan untuk Desa Bangsri. Programnya apa saja, nanti kita tawarkan kesana agar Kampung Pelangi bisa lebih baik lagi. Sedangkan untuk akses jalan yang masih rusak, tahun depan inshaAllah jika kami dipercaya untuk memimpin Blora, akan kita perbaiki bersama agar mulus, tidak gronjalan lagi,” tambah Wakil Bupati. 


Selama cara berlangsung, seluruh penonton mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Panitia juga menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun. Sepanjang jalan di Kampung Pelangi banyak masyarakat yang bedagang untuk meraup rezeki dari para pengunjung. Turut hadir jajaran Forkopimcam Jepon, dan para Kades se Kecamatan Jepon. (Hms/Bb

Related

Berita 2724910565556167567

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item