Kunci Menjaga Berdirinya NKRI Merawat Kebhinekaan


APDESINEWS BLORA – Salah satu kunci dalam menjaga berdirinya NKRI adalah merawat kebhinekaan. Konsep ini merupakan wujud pengakuan dan sekaligus penghormatan kebangsaan terhadap keberagaman.


"Dengan kebhinekaan Ini mendorong perubahan paradigma dan perspektif dalam memaknai kemajemukan. Keberagaman bukanlah perbedaan yang memisahkan, melainkan kekayaan yang menyatukan," kata anggota Komisi C DPRD Jateng Padmasari Mestikajati seusai sosialisasi Penguatan dan Pengembangan Ideologi Pancasila dengan tema Merawat Kebhinekaan Menjaga NKRI di Resto D 'Joglo, Senin (22/02/2021).


Lebih lanjut, Padmasari menambahkan, Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terkenal dengan kemajemukannya yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama, budaya dan bahasa yang hidup bersama dalam Negara Kesatuan Negara Republik (NKRI) yang dibungkus dengan semangat Bhineka Tunggal Ika. Menyatunya keanekaragaman dalam wadah NKRI saat ini bukanlah sesuatu yang mudah dan datang begitu saja tanpa melalui pemikiran dan perjuangan para pendiri Bangsa Indonesia.


Politikus Partai Golkar ini menuturkan DPRD merupakan pengawal ideologi Pancasila. Sebagai pengawal ideologi Pancasila, DPRD merupakan lembaga yang akan selalu menjaga kelestarian Pancasila. Selain itu, DPRD juga mengemban tugas memasyarakatan nilai-nilai Pancasila sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. 


"Sebagai konsensus nasional yang telah menyatukan beragam entitas budaya, suku, agama, dan golongan, Pancasila adalah kunci eksistensi bangsa Indonesia yang tetap bersatu meskipun menghadapi berbagai tantangan kebangsaan dan dinamika zaman. Karenanya, kegiatan pemasyarakatan nilai-nilai Pancasila dilakukan untuk memastikan bahwa Pancasila senantiasa hadir pada setiap relung kehidupan ketatanegaraan dan segenap aspek kehidupan masyarakat," urai Padmasari.


Wakil Sekretaris DPD I Partai Golkar Jateng ini juga menyampaikan banyak hal yang dapat kita ambil hikmah dari ikrar sumpah pemuda, bahwa Bangsa Indonesia sudah berabad-abad hidup dalam kebersamaan dengan keberagaman dan perbedaan. Perbedaan tersebut dijadikan para leluhur sebagai modal untuk membangun bangsa ini menjadi sebuah bangsa yang besar.


Perbedaan ini, kata Padmasari, harus kita jaga, rawat dan pelihara sampai anak cucu kita nanti. Salah satu cara untuk menjaga dan merawat perbedaan tersebut adalah dengan Bhineka Tunggal Ika. Sebuah warisan berharga yang terlah ditinggalkan oleh para Pendiri Bangsa.***

Related

Nasional 4158245152343309255

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item