Desa Balong Kecamatan Kunduran Gelar Tes Tertulis Perangkat Desa


Apdesinews.com - Sebanyak 13 peserta mengikuti tes tulis pengisian Perangkat Desa (Perades) yang digelar Pemerintah Desa (Pemdes) Balong, kecamatan Kunduran kabupaten Blora.

Ujian tes tulis untuk pengisian Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan dan Kaur Perencanaan diselenggarakan di ruang kelas SD Balong, Senin (15/03/2021).

Kepala Desa (Kades) Balong, Taat Mahmudi mengatakan, pengisian perangkat desa tersebut berdasarkan musyawarah desa (musdes).

"Berdasarkan musdes, disepakati untuk mengisi kekosongan," katanya kepada media ini di sela-sela ujian.

Lima jabatan perangkat desa tersebut kosong hampir lima tahun. Kinerja pemerintahan desa pun sempat terganggu. Pengisian ini, juga untuk membantu kinerja pemerintahan.Rata-rata peserta berusia dibawah 42 tahun.

Taat Mahmudi mengungkapkan, untuk menjaga tranparansi dan  mengantisipasi persepsi negatif, panitia telah mengundi soal ujian yang akan dikerjakan. Dan hasil ujian langsung di koreksi dan di saksikan oleh para peserta ujian.

"Untuk menjaga tranparansi dan mengantisipasi persepsi negatif, panitia mengundi soal ujian yang akan dikerjakan dan langsung di koreksi yang disaksikan oleh para peserta ujian dan langsung di umumkan di ruang ujian. Bagi nilai tertinggi akan di ajukan ke kepala desa untuk menjadi jabatan perangkat desa yang kosong,”jelasnya. 

Lebih lanjut, Taat Mahmudi berharap pasca ujian ini para peserta dan semua pihak menerima hasilnya dengan jiwa besar siapapun yang memperoleh nilai tertinggi dalam ujian perekrutan perangkat Desa ini.

"Dari proses awal kita sudah terbuka dan transparan, ya, nanti hasilnya siapapun yang lolos lantaran nilainya tertinggi harus kita hargai hasil itu dengan legowo, ya apapun hasilnya itu," harapnya.

Selaku Kades, Taat Mahmudi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya sehingga perekrutan perangkat desa ini bisa berjalan dengan aman dan kondusif tahapan demi tahapan.

"Kami selaku Kadres mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas kerja samanya yang baik dalam perekrutan perangkat desa ini," ucapnya.

Untuk diketahui, dari data yang dihimpun media ini di lokasi ujian, nilai tertinggi pada formasi Sekretaris Desa diraih oleh Teguh Mikirin dengan nilai total 67,8, untuk formasi Kaur Perencanaan diraih oleh Badriyatul Mudrikah dengan nilai total 68,4.

Sementara untuk formasi Kasi Pemerintahan dan Kasi Kesejahteraan hanya diikuti oleh satu peserta. Untuk formasi Kasi Pemerintahan hanya diikuti oleh Warso dan Kasi Kesejahteraan hanya diikuti oleh Irfan Yudhatama. 

"Berapapun nilainya, dua peserta tersebut langsung mengisi formasi masing-masing," terang Taat Mahmudi.

Sementara, pada formasi Kaur Keuangan harus melakukan tes ulang. Sebab, dari tes pertama dari tiga peserta ada dua peserta yang memiliki nilai yang sama 66. Dua peserta tersebut, antara lain Ahmad Nur Hamid dan Mariana Dewi. 

"Nilai dari kedua peserta tersebut, baik dari nilai ujian tes tertulis, zonasi, pengabdian dan pendidikan. Sehingga dilakukan tes ulang untuk menentukan siapa yang akan mengisi formasi Kaur Keuangan tersebut," tandas Taat Mahmudi.

Dari tes ulang, Ahmad Nur Hamid akhirnya yang berhak mengisi formasi Kaur Keuangan dengan total nilai 66, sedangkan Mariana Dewi hanya mampu mengumpulkan total nilai 57,6.***Red

Related

Desa 3849408662465343150

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item