Bupati Apresiasi KKN Tematik IPB Bogor di Pengkoljagong

 

Bupati beserta Kades dan mahasiswa


Apdesinews.com BLORA. Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., pada hari Selasa (3/8/2021) melaksanakan monitoring atau peninjauan pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati.


Dalam kunjungan tersebut Bupati melihat langsung hasil pelaksanaan KKN Tematik yang dilaksanakan 9 mahasiswa sejak diterjunkan 29 Juni lalu. Diantaranya, tentang program peternakan, pertanian, pemetaan potensi wisata hingga pengembangan BUMDes.


Yuan Raga, salah satu mahasiswa KKN IPB menjelaskan di depan Bupati tentang program yang telah ia laksanakan bersama 8 teman lainnya di Desa Pengkoljagong. 


“Sejak diterjunkan 29 Juni lalu, kita langsung memetakan potensi dan permasalahan yang ada di pedesaan ini. Beberapa program lantas kita susun untuk langsung dilaksanakan bersama warga desa. Diantaranya kami telah melaksanakan pemetaan potensi wisata dan UKM Desa, plus membuat peta potensi desa,” jelas Yuan.


Kemudian pengolahan sampah terpadu dengan pelatihan pembuatan pupuk kompos, budidaya ikan dengan doker terpadu di Dukuh Bulurejo dan Dukuh Pengkol. Serta pelatihan media branding dan promosi BUMDes dengan narasumber alumni IPB 53.


“Selain itu untuk para pemuda kita dukung pengembangan kewirausahaan dengan pengembangan café BUMDes yang berada di sebelah Balaidesa. Kita juga telah melaksanakan penyuluhan pertanian dan kehutanan,” pungkasnya.


Usai paparan dari perwakilan mahasiswa, dilakukan penyerahan bantuan benih ikan lele secara simbolis oleh Bupati Arief Rohman kepada warga Desa Pengkoljagong. Dilanjutkan peninjauan pelaksanaan peternakan ikan lele terpadu dengan kebun buah jambu di Dukuh Jagong.


“Alhamdulillah dengan adanya mahasiswa KKN dari IPB ini, kami merasa sangat terbantu karena masyarakat kami bisa memperoleh ilmu baru tentang banyak hal tentang pertanian, kehutanan, pengolahan sampah dan lain sebagainya. Terimakasih IPB,” ucap Kades Pengkolrejo, Sugiyono.


Sementara itu, Bupati Arief Rohman mengapresiasi pelaksanaan KKN ini yang telah berjalan dengan baik selama hampir satu bulan lebih.


“Setelah kita terima penerjuanannya akhir Juni lalu secara daring, akhirnya hari ini bisa kita lihat langsung ke lapangan hasilnya. Terimakasih adik-adik KKN telah memberikan ilmunya dari Kampus untuk masyarakat Desa Pengkoljagong. Inilah saat-saat yang berharga untuk mengabdikan diri kepada masyarakat,” kata Bupati.


Bupati berharap kedepan ilmu dan program yang dilaksanakan mahasiswa KKN ini bisa terus berlanjut dengan baik serta bermanfaat untuk kemajuan masyarakat Desa Pengkoljagong.


“Saya berpesan pada Pak Kades, jangan sampai setelah adik-adik KKN ini selesai 8 Agustus nanti lalu programnya ikut berhenti. Tolong bisa terus dikawal dan dilaksanakan dengan BUMDes dan pemuda Karang Taruna desanya. Jika ini positif, pastinya tahun depan akan kita minta lebih banyak lagi mahasiswa IPB untuk melaksanakan KKN di Kabupaten Blora,” tambah Bupati.


Dalam acara tinjauan ini juga hadir Plt. Camat Jati, Muhari, serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat. Usai tinjauan lapangan dilakukan ramah tamah dengan mahasiswa di posko KKN dengan menerapkan protokol kesehatan. (Tim) 

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item