450 Prajurit Yonif 410 Alugoro Berangkat Tugas Ke Papua



Apdesinews.com BLORA - Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si pada Selasa siang (19/10/2021) mengikuti acara pelepasan Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Sektor Selatan Yonif 410/Alugoro yang dipimpin Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, MM di  Lapangan Batalion Infantri 410/Alugoro Blora.


Pelepasan diawali dengan penyerahan bendera dari Danrem kepada Komandan Satgas. Selanjutnya Danrem menyampaikan pengarahan kepada para prajurit yang akan bertugas.


Ditemui usai acara, Danrem 073 Makutarama menjelaskan, bahwa pada kesempatan kali ini dilakukan pelepasan Satgas Yonif 410 Alugoro di Kabupaten Blora, yang akan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan wilayah RI dan Papua New Guinea. Yang kemudian pada esok hari, satgas akan dilepas oleh Pangdam Diponegoro di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.


“Rencana hari Rabu tanggal 20 Oktober 2020, Panglima Kodam Diponegoro akan melepas langsung, upacara dan juga memberikan pengarahan kepada satgas di pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Setelah selesai pasukan akan naik ke KRI Teluk Bintuni untuk menuju ke daerah penugasan di wilayah Papua, di Kabupaten Boven Digoel sektor selatan," terangnya.



Danrem merinci, sebanyak 450 personil Yonif 410/Alugoro akan di berangkatkan untuk bertugas di perbatasan selama kurang lebih sekitar 9 bulan.


“Personil ada 450 orang, dimana ini dipimpin oleh Danyon 410 alugoro, yang nantinya akan menempati 22 pos yang ada di wilayah Kabupaten Boven Digoel dimana intinya adalah pengamanan perbatasan yang ada di wilayah RI-PNG,” tambahnya.


Danrem menegaskan, ada 4 indikasi keberhasilan dalam pelaksanaan tugas kali ini. "Saya sampaikan pada satgas bahwasanya ada 4 indikasi keberhasilan tugas nantinya, yang pertama, yaitu mereka tidak ada pelanggaran selama bertugas disana, yang kedua, wilayah perbatasan  RI-PNG selama mereka bertugas aman tidak ada permasalahan” terangnya.


Selanjutnya, terang Danrem, yang ketiga, masyarakat yang dibina oleh satgas di Papua nanti bilamana mereka kembali akan merasa kehilangan. Kempat, mereka berangkat sebanyak 450 orang dan kembali pulang lengkap 450 juga.


Danrem berpesan kepada para prajurit yang akan bertugas nantinya untuk tetap semangat dan menjaga kekompakan.


“Jaga kekompakan, saling mengingatkan, disiplin dan loyal kepada komandan” pungkasnya.


Setelah mengikuti acara pelepasan oleh Danrem, Bupati beserta Forkopimda turut memberikan dukungan kepada prajurit yang akan bertugas.


Salah satunya dari Pemkab Blora pada kesempatan tersebut menyerahkan dukungan logistik berupa makanan dan minuman instan. Selain itu, Bupati juga menyerahkan bola voli untuk sarana olahraga menjaga kesehatan para prajurit selama bertugas.


Rincinya, dukungan berupa mie instan cup sebanyak 500 pcs, minuman kopi sebanyak 500 pcs, dan bola voli sebanyak 25 pcs, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada Danyon 410 Alugoro. 


“Semoga ini bisa bermanfaat dan bisa memberikan dukungan bagi prajurit dalam melaksanakan tugasnya.,” ucapnya.


Bupati berdoa agar seluruh prajurit dalam melaksanakan tugasnya selalu diberikan kelancaran dan sukses.


“Semoga prajurit Yonif 410 Alugoro dapat melaksanakan tugas dengan baik dan selalu diberikan kelancaran dalam bertugas di perbatasan, serta selalu melaksanakan arahan-arahan yang disampaikan Pak Danrem tadi. Kami berdoa semoga semua prajurit yang berangkat bisa selamat sampai akhir tugas dan kembali pulang ke Blora bertemu istri dan anak-anak” pungkasnya.


Sebagai informasi,satgas bertugas dalam melakukan mengamankan perbatasan, mereka juga akan melakukan pembinaan teritorial masyarakat, pembinaan tentang kecintaan kepada NKRI dan terkait lainnya yang bisa menciptakan ketahanan.


Hadir pada kesempatan tersebut, Forkopimda Blora, Dandim se Korem 073 Makutarama. 

Related

TNI-POLRI 5703613130620713832

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item