Bupati Siap Kawal Pembangunan Jalan Provinsi Ngawen - Todanan


Bupati saat acara Blora Menyapa

Apdesinews.com BLORA. Kegiatan “Blora Menyapa” edisi Ramadhan ke desa-desa di 16 Kecamatan terus dimanfaatkan Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., untuk menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikan program pembangunan daerah. 


Seperti ketika mengikuti “Blora Menyapa” di Desa Ngapus, Kecamatan Japah, Selasa sore (19/4/2022) dan di Masjid Al Mubarok Desa Cokrowati, Kecamatan Todanan, semalam. Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini mendengarkan langsung harapan masyarakat dan menyatakan kesiapannya untuk mengawal usulan pembangunan.


Salah satunya adalah harapan masyarakat Japah dan Todanan terkait pembangunan jalan utama penghubung Ngawen menuju Japah ke Todanan hingga batas Pucakwangi, Kabupaten Pati, yang saat ini rusak dan berstatus jalan provinsi.


“Setelah sebelumnya kita menyapa masyarakat di daerah selatan, semalam kita menyapa masyarakat bagian barat di Ngapus Japah dan Cokrowati Todanan. Mayoritas berharap agar kerusakan jalan Ngawen menuju Japah dan Todanan hingga batas Pati bisa diperbaiki,” ucap Bupati Arief.

Bupati bersama warga Ngapus


Menurut Bupati, ruas jalan tersebut merupakan jalan provinsi yang dikelola oleh Pemprov Jateng melalui Dinas PU BMCK Jawa Tengah. Sehingga pihaknya akan terus mengajukan perbaikan ke Pemprov.


“Akan kita ajukan dan kita kawal usulan pembangunannya ke Pak Gubernur agar masuk prioritas Jawa Tengah. Terlebih saat ini kondisinya memprihatinkan. Ketika hujan deras seperti kemarin banyak genangan, dan air mengalir di tengah jalan,” sambung Bupati.


“InshaAllah 25 April 2022 nanti Pak Gubernur Ganjar Pranowo akan hadir ke Blora untuk mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Wilayah (Musrenbangwil). Sehingga akan kita sampaikan langsung usulan pembangunan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Blora, agar semuanya bisa mendapatkan anggaran pembangunan dari Pemprov Jateng. Mohon doanya masyarakat Blora,” tambah Bupati.


Pasalnya, menurut Bupati, saat ini banyak jalan provinsi di Kabupaten Blora yang kondisinya masih rusak. Mulai ruas Blora - Purwodadi di Ngawen dan Kunduran. Kemudian ruas Cepu - Randublatung, dan ruas Ngawen - Japah - Todanan hingga batas Pati.


“Selain mengawal usulan pembangunan jalan provinsi, kita juga sedang menyiapkan pembangunan jalan kabupaten, termasuk jalan kabupaten yang ada di Kecamatan Japah dan Todanan. Beberapa yang dari DAK sudah selesai lelang. Tahap selanjutnya akan dilelang bulan Mei. Semoga prosesnya lancar,” terangnya.


“Kemudian khusus untuk Japah, kita berharap keberadaan Bendungan Randugunting bisa memberikan manfaat kedepan. Baik pariwisata, maupun pembangunan jaringan air bersih sehingga dapat mengurangi dampak kekeringan saat kemarau,” ujar Bupati.


Dirinya juga meminta para Camat dan Kades untuk bisa terus mendorong percepatan vaksinasi, utamanya vaksinasi booster menjelang lebaran agar semuanya sehat dan bebas dari pandemic selama merayakan Idul Fitri nanti.


“Terimakasih Puskesmas Todanan, yang sudah membuka gerai vaksinasi di Desa Cokrowati dirangkaikan dengan Blora Menyapa. Ini semoga bisa dilaksanakan berkelanjutan di desa-desa lainnya,” pungkas Bupati.


Sementara itu, Kepala Desa Ngapus, Akhmad Supaedi, mewakili warganya mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan rombongan yang telah hadir melaksanakan kegiatan Blora Menyapa edisi Ramadhan di desanya.


“Kami sangat senang, apalagi kedatangan Bapak Bupati diiringi hujan deras yang selama ini kami tunggu karena sawah mulai kering. Alhamdulillah kehadiran Pak Bupati membawa keberkahan, aamiin. Maturnuwun atas perhatian Pak Bupati untuk mengusulkan pembangunan jalan ke Provinsi. Memang ini jalannya sudah rusak,” ungkap Supaedi.


Hal senada juga diungkapkan Kades Cokrowati, Todanan, Edy Sutrisno. Menurutnya jalan penghubung Todanan - Japah ini memang perlu peningkatan dan pelebaran, dan pembuatan saluran drainase.


“Saat hujan deras air justru mengalir di tengah jalan, kami berharap Pemprov Jateng bisa membangun jalan provinsi ini dengan dilengkapi drainasenya,” tambah Kades Cokrowati.


Dalam acara Blora Menyapa ini, Bupati juga menyalurkan bantuan sosial dari Baznas dan sembako untuk duafa dan masyarakat kurang mampu. Serta dana sosial untuk takmir Masjid Al Huda Ngapus dan Masjid Al Mubarok Cokrowati.


Turut hadir Sekda Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., Kepala Kantor Kemenag Blora, para Asisten, Kepala OPD, dan Forkopimcam Japah, Todanan, serta tokoh masyarakat. (Red) 

Related

Pemerintahan 5839068909921662046

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item