Sanggar Seni Desa Tempuran Tetap Eksis Di Era Modernisasi

Apdesinews.com BLORA - Semangat Pemuda pemudi desa Tempuran Kecamatan Kota Blora patut diacungi jempol dalam hal nguri uri ia budaya jawa. Di era modern seperti ini sekelompok pemuda pemudi desa masih semangat dalam melakukan latihan Campursarinan di rumah ketua kelompok Sanggar Seni dan Ari "Krido Mangesti Tomo" bapak Pandi yang juga pimpinan kesenian tradisional ketoprak. Latihan dilaksanakan seminggu dua kali.

Kelompok seni saat menerima bantuan dar Kemensos

Dalam hal ini tidak luput dari peran Kepala Desa Tempuran Keman dalam memfasilitasi kegiatan tersebut. Termasuk seperangkat alat Campursari beliau ajukan bantuan Ke Kementerian Sosial Republik Indonesia Jakarta. Dengan membentuk Paguyuban Sanggar Seni dan Tari KRIDO MANGESTI TOMO akhirnya beliau mengajukan proposal untuk penggalangan bantuan dana pembelian alat alat Campursari. Dan alhamdulillah permohonan tersebut dikabulkan oleh Kementerian Sosial, ungkap Kades Tempuran saat ditemui awak media Rabu (10/1/24) di Kantornya. Gayung pun bersambut, pemuda pemudi setempat secara guyup langsung menggunakan peralatan tersebut untuk melatih diri agar nantinya menjadi tenaga kesenian yang profesional.


Kades Tempuran berharap, dengan dibentuknya Sanggar Seni dan Tari ini bisa mengembangkan potensi seni untuk menunjang Kepariwisataan Desa Tempuran agar bisa lebih maju. Dan tentunya menuju Desa Wisata yang mandiri.


Perlu diketahui saat ini Desa Tempuran adalah salah satu andalan Desa Wisata di Kabupaten Blora. Destinasi wisata di desa tersebut yaitu Waduk Tempuran dan beberapa tempat kuliner ikan bakarnya yang sudah terkenal di Kabupaten Blora.

Related

Desa 8713441324081344227

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item