ATASI KEKERINGAN DESA PATALAN BANGUN EMBUNG

Pembangunan Embung Desa Patalan Menggunakan Dana Desa 2018
Blora, Apdesi - Desa Patalan mulai berbenah disektor pertanian. Ini di awali dengan dibangunnya embung untuk penampung air dalam jumlah besar. Seperti saat ditemui wartawan, Kades Patalan Naryana mengatakan, untuk DD tahun ini selain untuk fisik Cek Dam dan Talud juga dianggarkan untuk pembangunan embung Desa yang lokasinya ditempatkan dilahan bengkok Kades. Dengan rincian luas 30x40 meter dengan kedalaman 6 meter. Untuk anggaran diambilkan dari anggaran DD senilai 450 juta. 

Untuk pengerjaan ini sudah mulai dan sudah mencapai 50 % , untuk pekerja sendiri diambilkan dari warga setempat untuk pemberdayaan agar bisa menambah perekonomian warga Desa Patalan, ujar Kades.

Memang dalam musdes  2017 warga sepakat untuk mengusulkan agar didesanya segera dibangun embung desa agar pertanian bisa berjalan sesuai harapan masalahnya sebagian persawahan di Desa Patalan mengandalkan air dari tadah hujan. Kades juga mengatakan memang selama ini kalau musim tanam yang ke 2 petani sering gagal panen. Itu disebabkan air yang diperlukan tidak mencukupi disaat padi mulai tua. Ujung ujungnya mesti gagal panen.

Dan itulah tujuan dibangunnya embung di Desa Patalan selain dari permintaan warga juga bertujuan untuk mencukupi kebutuhan air disaat petani menanam padi pada tahap musim tanam yang ke 2. Juga diharap dengan dibangunnya embung nantinya bisa menahan resapan air agar tidak segera hilang dan bisa untuk kebutuhan yang lain. Seperti untuk kebutuhan sehari hari juga untuk bercocok tanam palawija nanti disaat mulai kemarau agar area persawahan tidak nganggur. (BB)

Related

Infrastruktur 676293941433994490

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item