RATUSAN WARGA DESA KAMOLAN GOTONG ROYONG PERBAIKI TANGGUL JEBOL



 APDESINEWS.COM-Patut dicontoh Ratusan warga di Dusun Ploso Desa Kamolan Kabupaten Blora Minggu pagi (30/12) bergotong royong memperbaiki tanggul sungai yang jebol akibat diterjang banjir pada Rabu (26/12).
Warga berinisiatif menutup tanggul yang jebol dengan menggunakan karung berisi tanah serta dilakukan pemasangan bronjong besi. Kepala Desa Kamolan, Sujadi mengatakan, perbaikan tanggul masih bersifat darurat dengan diberi tumpukan ribuan karung.

Sebanyak 4500 karung bantuan dari dinas PSDA provinsi dan kabupaten ditumpuk menutup tanggul yang jebol sepanjang 13 meter. Menurutnya, perbaikan tanggul  ini sangat mendesak dilakukan mengingat luapan airnya bisa sampai hingga puluhan kilometer merendam sawah warga.

"Ini masih darurat, yang penting air sungai tidak masuk ke persawahan warga dulu. Karena ada puluhan hektar sawah yang terancam rusak jika air kembali meluber," kata Sujadi saat memantau langsung proses perbaikan tanggul.

Kedepan, menurut Sujadi, perbaikan tanggul akan dilakukan secara permanen oleh pemerintah propinsi Jawa tengah. "Saya sudah ngirim surat ke pemkab dan pemprov. Tahun depan rencana akan dibangun permanen," ucapannya.

Sementara itu, Kepala Dusun Ploso Tamto mengaku, di wilayahnya ada sekitar empat titik tanggul yang jebol. Rata-rata tanggul yang jebol panjangnya bervariasi mulai dari 3-8 meter.
"Ini yang paling parah mas, sudah dua kali ini jebol. Dulu pertama kali sepanjang 8 meter, kemarin waktu hujan jebol lagi tambah panjang hingga 13 meter. Dulu sudah saya perbaiki dengan memasang patok-patok bambu dan karung, tapi saat turun hujan lagi langsung jebol lagi. Ini mudah-mudahan dengan diberi Bronjong bantuan PSDA bisa lebih kuat lag," ujar Tamto.

Perbaikan tanggul sendiri direncakan selesai satu hari. Sebanyak 200 warga dikerahkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol. "Ada hampir 200 warga yang ikut kerja bakti. Semoga sehari ini bisa selesai, sehingga nanti kalau hujan air tidak masuk ke sawah.(BB)

Related

Infrastruktur 7266112701417707984

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item