Blora Kembangkan Desa Wisata Lewat Gerabah & Keramik


APDESINEWS.COM-Pengembangan Desa Wisata di Kabupaten Blora, Jawa Tengah mulai menampakkan geliatnya. Antara lain yang terlihat di Desa Balong, Kecamatan Jepon, yang memang sudah terkenal akan kerajinan gerabah dan keramik.

“Balong memiliki potensi wisata yang besar khususnya dari produk kerajinan gerabah dan keramik yang telah menjadi ciri khas daerah ini. Hal ini patut dijadikan peluang salah satunya lewat pengembangan desa wisata,” ujar Slamet Pamuji, Kadin Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Blora, yang hadir pada kegiatan sarasehan pengelolaan desa wisata di Griya Keramik Blora, Jumat (24/5/2019).

Slamet menyampaikan bahwa meskipun Blora tidak memiliki kekayaan alam seperti gunung maupun laut, tapi produk gerabah dan keramik asli Blora dapat berpotensi besar untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan lewat desa wisata. Ia pun turut berterima kasih kepada ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), operator Lapangan Minyak Banyu Urip, yang turut mendukung terlaksananya acara ini.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 50 orang dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Blora, yang sebelumnya telah melaksanakan studi banding ke Pengrajin Gerabah di Kec. Malo, Kab. Bojonegoro.

“Salah satu indikasi sebuah desa menjadi desa wisata adalah tingginya jumlah pengunjung yang menjadikan desa sebagai lokasi wisata. Menurut saya, hal ini dapat tercapai karena Balong sudah memiliki produk yang siap dan juga para SDM yang memiliki semangat tinggi,” ungkap Camat Jepon, Ani Kumalasari.

Selain itu acara juga diisi oleh Fransisca Callista, yang merupakan inisiator Pasar Papringan di Temanggung. Ia menyampaikan pengalamannya dalam memanfaatkan potensi alam sekitar untuk memajukan desa wisata.

Hasti Asih, Public & Government Affairs EMCL menyampaikan bahwa dukungan EMCL melalui program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan di Blora. “Semoga kegiatan ini dapat semakin meningkatkan daya tarik Desa Balong sebagai destinasi wisata keramik di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Related

Peristiwa 1684304784925503745

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item