Pegawai Dan Mahasiswa PEM Akamigas Belajar Jurnalistik Bersama PWI



APDESINEWS.COM- Para Pegawai dan Puluhan Siswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora menggelar pelatihan jurnalistik, Kamis (15/5).

Pelatihan tersebut diisi langsung oleh ketua PWI Jateng Amir Mahmud dan ketua PWI Kabupaten Blora, Wahono yang bertempat di gedung Rektorat PEM Akamigas Cepu.

Ketua PWI Blora, Wahono selaku Wartawan Senior Wawasan menyampaikan dalam materinya bagaimana Mahasiswa  memerangi kabar bohong (hoax) yang kini banyak beredar di jejaring sosial facebook dan meresahkan masyarakat.


Menurut Wahono kabar bohong harus dilawan, karena selain merugikan masyarakat, juga tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik.

"Mahasiswa harus menjadi pelopor dan bisa menyaring informasi mana yang layak konsumsi atau tidak," katanya.

Di era globalisasi seperti ini, sambung dia, bukan hanya wartawan yang bisa menjadi produsen berita, akan tetapi juga masyarakat umum. Sebab media untuk bersosialisasi dengan masyarakat sudah tersediri, seiring dengan adanya media sosial, seperti facebook dan twitter, serta berbagai jenis jejaring sosial lainnya.

Sementara itu ketua PWI Jateng, Amir Mahfud menyebut pentingnya melakukan branding dalam sebuah media. Menurutnya, dengan melakukan branding akan lebih memudahkan seseorang untuk menyampaikan pesannya. 

"Branding itu harus diikuti kreativitas terus menerus. Hal- hal terkait bisa dilakukan dengan cara bekerja sama dengan media", kata Amir Mahmud. 

Amir menjelaskan, beberapa jenis branding bisa dilakukan seseorang maupun lembaga. Namun, branding juga perlu diikuti dengan adanya faktor pembeda.

"Jadi untuk menjadi sebuah media darling, dia harus mampu mengemas sehingga punya faktor pembeda. Untuk faktor pembeda ada beberapa yang bisa dikemas.bukan hanya keunggulan kompetitifnya tapi juga kemampuan sertaan yang dibutuhkannya", papar Amir. 

Lebih lanjut, Amir juga mengungkapkan pentingnya membangun citra di masyarakat. 

"Jadi misalnya kita temukan kreativitas, jangan ragu untuk membangun citra. Menangkan opini untuk membangun citra. Biasanya banyak media yang dimanfaatkan untuk bisa membangun citra", Tandas Amir. 

Sri Yulianti Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni PEM Akamigas Cepu menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap kedepannya mahasiswa - mahasiswa PEM Akamigas bisa menjadi ujung tombak media branding kampus. 

"Saat ini yang sudah kita lakukan untuk branding melalui medsos. Kedepannya dengan pelatihan ini, saya ingin semua civita akademik baik BEM maupun alumni bisa menjadi branding PEM Akamigas Cepu", harap Sri.(Agung)

Related

Berita 4542765834939765514

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item