Jelang Pilkades, Desa Sukorejo Jadi Perhatian Kapolsek Tunjungan



APDESINEWS.COM- Desa Sukorejo Kec Tunjungan Kab Blora akan mendapat pengamanan ekstra pada gelaran Pilkades 4 Agustus mendatang.

"Dari 13 Desa yang ada di Kecamatan Tunjungan yang menyelenggarakan Pilkades, Sukorejo yang kami pandang punya tingkat kerawanan paling tinggi " papar Kapolsek Tunjungan AKP Budiono kepada wartawan APDESINEWS yang menghubungi di kantornya Kamis Siang.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya akan memberikan pengamanan ekstra.

Selain pengamanan dari Polsek, pihaknya juga akan minta back up pengamanan dari Polres Blora.

Menurut Budiono potensi kerawanan Pilkades di Sukorejo, pertama berdasar pada pelaksanaan Pilkades dua kali sebelumnya yang terjadi ketegangan yang nyaris memicu  keributan antarpendukung calon.

Yang kedua karena salah satu peserta Pilkades ada yang dari anggota Polri Polsek Tunjungan.

"Oleh sebab itu, kami harus mengantisipasi, agar proses Pilkades tetap bisa berjalan kondusif, sebagaimana yang menjadi harapan bersama" terang Budiono.

Dari pantauan wartawan APDESINEWS hingga pendaftaran terakhir Kamis siang, ada tiga kandidat Calon yang mendaftar di Pilkades Sukorejo.

Selain calon petahana Susilo, dua kandidat calon adalah Sutrisno anggota Polri Polsek Tunjungan yang juga mantan Kades Sukorejo dua periode sebelumnya. Sedang satu calon lagi Suparno pensiunan guru.

Cukup Kondusif.
Menyinggung situasi Kamtibmas di wilayah Polsek Tunjungan yang memiliki 15 Desa dikatakan Budiono, baik pasca Pileg, Pilpres dan menjelang Pilkades masih relatif kondusif.

Diakui mantan Kapolsek Banjarejo ini, dibanding pemilu pemilu yang lain, Pilkades memiliki potensi kerawanan tinggi.

"Tingkat emosional di Pilkades itu tinggi. Lantaran antara calon dan pemilih berada dalam satu wilayah. Jadi potensi terjadi gesekan sangat kuat "

Oleh karena Budi menghimbau baik calon, sebet dan masyarakat yang mengikuti proses Pilkades untuk ikut menjaga bersama Kamtibmas selama maupun pasca Pilkades.

Langkah lain yang dilakukan Polri bersama Forkompimcam, juga akan dilakukan silahturahmi dengan para kandidat Calon Kades yang mengikuti kompetisi.

Bisa Bersinergi.

Harapan lain kedepannya terkait hasil Pilkades, perwira pertama Polri ini mengatakan, siapapun Kandidat yang terpilih menjadi Kades, nantinya bisa bekerjasama dan bersinergi dengan Polri (Polsek) khususnya terkait dengan pelaksanaan penggunaan Dana Desa.

"Karena Polri juga ada tugas untuk pengawalan pelaksanan dana desa. Sebab ada MOu antara Mabes Polri dengan Kemendes. Dan kami selalu dimintai laporannya.

"Dalam prakteknya, kami mengalami kesulitan untuk ikut memantau terkait dana desa itu".

Maka ke depan, harap Budi, Kades baru nanti bisa bersinergi untuk sama sama mensukseskan program pembangunan desa yang didanai dana desa. (Bgsr/BB)

Related

Desa 8099717626578435403

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item