Dibuka Bupati Djoko Nugroho, Porkab Blora Berlangsung Meriah




APDESINEWS.COM- Sebanyak 1.229 atlet dari sejumlah cabang olahraga bakal mengikuti gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Blora 2019. Atlet-atlet tersebut mewakili 16 kontingen kecamatan di Blora.

Kamis (5/9) Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Blora 2019 secara resmi dibuka Bupati Djoko Nugroho, Pembukaan multievent olahraga kali pertama di Kabupaten Blora itu berlangsung meriah di alun-alun.

Tak hanya menampilkan atraksi hiburan dan unjuk kemampuan sejumlah atlet, pembukaan tersebut dimeriahkan dengan turut sertanya beberapa pelajar Papua yang sedang menimba ilmu di Blora.

Mereka mengenakan busana adat dari sejumlah daerah di Indonesia. Para pelajar yang berdandan anggun itu berbaur dengan atlet kontingen Kecamatan Blora yang mengikuti defile. Kesenian khas Blora yakni barongan mengiringi defile tersebut. Defile kontingen dipimpin camat masing-masing kecamatan.

‘’Mereka datang jauh-jauh dari Papua ke Blora untuk turut serta menyukseskan Porkab. Mereka adalah saudara-saudara kita. Inilah Indonesia. Semangat persatuan dan kesatuan harus terus dijaga dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ ujar Bupati Djoko


Pembukaan Porkab juga dihadiri sejumlah tamu istimewa. Di antaranya Ketua Umum KONI Jateng Brigjen (Pur) Soebroto. Ada pula para ketua dan pengurus KONI se-Pati Raya (Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara dan Grobogan). Kehadiran mereka dimanfaatkan Bupati Blora dengan mendesak KONI Jateng agar menunjuk wilayah Pati Raya sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2022.

‘’Tuan rumah Porprov Jateng jangan hanya Solo saja. Wilayah Pati Raya siap menjadi tuan rumah Porprov Jateng,’’ tegas Bupati.

Menurut Bupati, Porkab Blora 2019 adalah salah satu sarana menjaring atlet-atlet potensial Blora yang kelak akan memperkuat Blora di Porprov Jateng maupun kejuaraan olahraga tingkat nasional.

‘’Porkab adalah sarana meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya di bidang olahraga,’’ tegas Bupati.
Bupati lantas meminta atlet yang mengikuti pembukaan Porkab memberikan usulan Porkab digelar sekali dalam setahun atau menjadi multievent dua tahunan. Mayoritas atlet menghendaki digelar sekali dalam satu tahun.

Porkab Blora 2019 akan berlangsung hingga 8 September. Porkab mempertandingkan 10 cabang olahraga dengan 38 nomor pertandingan. Jumlah medali yang diperebutkan terdiri dari 68 medali emas, 68 perak dan 68 perunggu. 

16 Kecamatan mengikuti Porkab tersebut. Tidak kurang dari 1.229 orang atlet tampil di Porkab memperkuat kontingen kecamatannya masing-masing. Jumlah tersebut masih ditambah 254 orang official dari setiap kecamatan yang mendampingi para atletnya bertanding di Porkab.

Di Porkab yang bertemakan Menggalang Prestasi Olahraga Menuju Kejayaan Blora tersebut dilakukan pembatasan usia atlet yang tampil. Yakni 13 tahun hingga 25 tahun. Bahkan di beberapa cabang olahraga menerapkan aturan batas usia atlet yang berlaga maksimal 17 tahun.

‘’Kontingen yang meraih medali emas terbanyak akan menjadi juara umum,’’ kata Ketua Panitia Porkab Purwadi Setiono yang juga menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Blora.(Ag/HK)

Related

Olahraga 1072150900290819786

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item