Dekranasda Blora Carnival 2019 Angkat Ikon Blora

APDESINEWS.COM - Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) berkerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Blora menggelar Dekranasda Blora Carnival 2019, Sabtu (23/11/2019).

Dekranasda Blora Carnival 2019 merupakan peragaan batik lokal khas Blora dengan desain kreasi busana atau kostum yang menarik untuk Peringatan Hari Batik Nasional dan memperingati Hari Jadi Kabupaten Blora ke 270.

Demikian ungkap Ketua Dekranasda Blora, Umi Kulsum kepada wartawan di stand Dekranasda Blora yang berada di gedung Samin Surosentiko sebelum acara dimulai.

“Meningkatkan popularitas batik lokal dan memberikan wadah bagi desainer dan pengrajin batik purbalingga berkarya,” kata Umi Kulsum.

Acara itu dihardiri sebanyak 37 peserta yang merupakan perwakilan dari OPD, Kawedanan, dan Sekolah. Umi mengatakan selain menarik, kostum yang dikenakan, peserta juga membawa pesan tersirat.

“Ada yang mengenakan batik dikombinasikan dengan berbagai macam ikon Kabupaten Blora,” tambah Umi. Seperti kayu jati, sate, burung merak, minyak dan kearifan lokal khas Kabupaten Blora lainnya.

Umi juga terus mendorong pembatik di Kabupaten Blora untuk terus memunculkan ide kreatif dan selalu berinovasi. “Corak Batik kayu Jati telah sukses menjadi masterpiece batik Blora. Ini dimaksudkan untuk memperkaya motif batik khas Blora,” ungkapnya.

Sementara itu, hasil dari Lomba Dekranasda Blora Carnival 2019 untuk kategori SMP/MTS yaitu Juara 1 diraih SMPN 1 Kedungtuban, Juara 2 diraih SMPN 3 Blora, kemudian juara 3 diraih SMPN 1 Jepon. Untuk juara harapan 1 sampai harapan 3 masing-masing diraih peserta dari SMPN 6 Blora, SMPN 3 Cepu dan SMPN 4 Blora.

Sedangkan untuk kategori SMA/SMK untuk Juara 1 diraih SMAN 1 Blora, Juara 2 diraih SMAN 1 Tunjungan, kemudian juara 3 diraih SMK Blora (Gabungan SMKN 2 Blora dan SMK Blora).

untuk kategori Umum yaitu Juara 1 diraih Bappeda, Juara 2 diraih Dinas Peternakan dan Perikanan, kemudian juara 3 diraih Sanggar Buto Aksa. Untuk juara harapan 1 sampai harapan 3 masing-masing diraih peserta dari Kawedanan Cepu, PMD dan Kawedanan Randublatung.***(Ely)

Related

Seni Budaya 388234702835559323

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item