Pemdes Trembulrejo Bedah Rumah Tak Layak Huni

APDESINEWS.COM - Pemerintah Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora bersama jajaran Koramil 12/Ngawen melakukan bedah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi warga kurang mampu.

Kegiatan tersebut bagian dari upaya mendukung Program Pemerintah Kabupaten Blora dalam peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan masyarakat yang saat ini sangat gencar dilakukan.

“Ya, hari ini kita melakukan bedah rumah kepada 3 warga lanjut usia (lansia),” ujar Kepala Desa Trembulrejo, Muhammad Imfroni, saat berbincang di sela pelaksanaan bedah rumah, Rabu (27/11/2019).

Tiga warga yang mendapatkan bantuan bedah rumah diantaranya Ngardi (95) warga RT. 3, RW. 2. Selanjutnya, Jasminah (70) warga RT. 1, RW. 2 dan Karjan (60) warga RT. 2, RW. 1.

Program bedah rumah tidak layak huni yang dimulai sejak pagi  dengan sasaran warga yang tidak mampu yang mempunyai rumah belum sesuai standar huni.

Bedah rumah ini, sambung dia, dilaksanakan berdasarkan musyawarah desa. "Kita sepakati membantu bedah rumah kepada 3 warga tersebut. Sebab, dari data yang dimiliki pihaknya 3 warga tersebut masuk dalam kategori tidak layak huni,” jelas Imroni

"Pemilik rumah menerima bersih kunci. Semua biaya ditanggung pemerintah desa," sambungnya.

Rumah milik 3 warga tersebut di bedah menjadi lebih baik. Tentu hal ini membuat ke 3 warga tersebut merasa sangat senang dan berterimakasih sekali.

“Sekarang 3 warga tersebut tidak lagi memikirkan atap rumah yang bocor ketika musim penghujan, karena rumahnya sudah di rehab menjadi bagus dan kokoh,” terang Imron.

Program ini, lanjut Imron, sangat membantu masyarakat yang kurang mampu yang ada di Desa Trembulrejo. Adanya bedah rumah ini, yang tadinya rumah tidak layak huni, menjadi layak huni.

Harapannya kedepannya program bedah rumah ini, menjadikan motivasi pada kegiatan lain, dan pada tahun berikutnya bisa ditambah alokasi jumlah pembangunan rumahnya.

"Di Desa Trembulrejo yang memiliki penduduk yang tidak sedikit, mudah-mudahan program ini akan terus berlanjut dan menjadi agenda rutin pembangunan di Desa Trembulrejo, sehingga tidak ada lagi warga masyarakat yang masih bertempat tinggal dirumah tidak layak layak huni," harapnya.

Sementara, salah satu warga pemilik rumah, Ngardi, mengatakan, dirinya sangat berterima kasih dengan program bedah rumah yang dilakukan pemdes. Sebab, dirinya selama ini tinggal dirumah yang tidak layak.

"Saya terima kasih dengan Pak Kades. Rumah saya diperbaiki, saya sangat terima kasih sekali," tandas dia.***(Ely)

Related

Desa 2977510030796307269

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item