Dinas PMD Blora Gelar Rakor BUMDes



APDESINEWS.COM- Bertempat digedung Konco tani Kabupaten Blora,  ratusan ketua BUMDes se- Kabupaten Blora menghadiri acara rapat Koordinasi BUMDes (Bandan Usaha Milik Desa), Kamis (19/12/19).

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut,  antara lain Bupati Blora yang diwakili oleh Asisten I Setda Kabupaten Blora Purwadi Setiana,  dari Bank Jateng laku pandai,  Camat se-kabupaten Blora,  dan perwakilan para Kades masing-masing Kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Blora Hariyanto dalam sambutannya mengatakan, rapat koordinasi ini dilatar belakangi oleh adanya BUMDes di Kabupaten Blora. Selain itu bertujuan untuk mengindentifikasi potensi yang ada di masing - masing desa,  karna kedepan pemerintah dalam menyalurkan dana desa Kades harus jaga-jaga. Barangkali dana desa akan berhenti,  Maka BUMDes kedepan bisa diandalkan.

"Kami harapkan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa yang dilakukan secara profesional sehingga menghasilkan keuntungan dapat menjadi sumber tambahan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa," Ujarnya.

Hariyanto juga mejelaskan Jumlah BUMDes  yang sudah ada saat ini sebanyak 165 dari 271 desa. "Kemaren dari komisi A,  beliau mengadakan kunjungan lapangan melihat kondisi BUMDes saat ini. Menurut kacamata beliau ada yg aktif dan ada yang belum aktif, "ungkapnya.

Dirinya mengajak para Kades dan pengurus BUMDes kedepan agar bisa memajukan BUMDes dimasing- masing Desanya.

Hariyanto selaku Kepala Dinas PMD mengatakan,  akhir-akhir ini banyak BUMN yang melirik dan mau bekerjasama dengan BUMDes,  seperti BUMDes yang ada di Ngampel,  karna langsung kena dampak Perusaan Semen Indonesia,  maka akan melakukan  kerjasama dalam memajukan BUMDes.

" Saya berharap kedepan agar Semen Indonesia bisa melakukan kerjasama dengan BUMDes dari Desa-desa lain juga,  agar tidak hanya desa Ngampel, "harapnya.

Sementara itu Asisten I Setda Kabupaten Blora Purwadi Setiana,  berharap agar kedepan BUMDes diBlora bisa maju, dan bisa berkembang.

" Dinas PMD dan BUMDes sering-sering adakan koordinasi,  pelatihan dan study banding agar BUMDes di Blora bisa berkembang, " Ungkapnya.

Diakhir sambutannya Purwadi berpesan bagi para pendamping Desa agar kedepan bisa mendapingi BUMDes dengan sungguh-sungguh.

"Para pendamping Desa mohon didampingi usah BUMDes agar kedepan lebih maju, "pintanya. (Ag)

Related

Nasional 9186188180108657125

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item