Mahasiswa di Blora Ribuan, UT Dirikan Gedung " SALUT" di Blora


APDESINEWS.COM-Keberadaan Universitas Terbuka (UT) di Kabupaten Blora terus berkembang. Perkembangan itu ditandai dengan adanya pembangunan Gedung Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) Mustika yang diresmikan penggunaannya pada hari ini, Rabu (5/2/2020).

Berada di Jl.Blora-Rembang km 1 Kelurahan Karangjati, peresmian Gedung SALUT Mustika Blora dilakukan oleh Wakil Bupati Blora H. Arief Rohman, M.Si didampingi Staf Khusus Wakil Rektor IV UT, Drs. Syaiful Munir, M.Si; Direktur Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ)-UT Semarang, Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd; dan jajaran Forkopimda, dengan pemotongan untaian bunga di depan pintu utama gedung.

Ketua SALUT Mustika Blora, Sumarno, SE, MM, dalam laporannya menyampaikan bahwa pendirian gedung baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi kepada para mahasiswa yang ada di Kabupaten Blora, sekaligus untuk media promosi kepada masyarakat umum.

“Sebelumnya kami berkedudukan di Jl.Kolonel Sunandar nomor 58 Blora, kini sudah punya gedung baru 2 lantai di Jl.Blora-Rembang Km 1 Karangjati ini. Semoga bisa meningkatkan pelayanan kami kepada para mahasiswa dan masyarakat,” ucap Sumarno.

Menurutnya, gedung ini dilengkapi dengan sarana ruang pertemuan, dan laborat komputer. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk perkuliahan jarak jauh yang diselenggarakan UT secara online.

“Jadi mahasiswa bisa kuliah jarak jauh dengan online disini. Selain itu SALUT ini juga sebagai tempat pelayanan akademik dan pelayanan administrasi. Mengingat jumlah mahasiswa UT di Blora saat ini mencapai sekitar 1200 orang. Maka ini akan sangat membantu,” tambahnya.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Rektor IV UT, Drs. Syaiful Munir, M.Si, mewakili pimpinan pusat UT dari Jakarta mengaku senang dan bangga terhadap perkembangan UT Pokjar Blora yang begitu cepat.

“Tahun lalu, saya lupa bulan apa, pernah ke Blora. Saat itu UT masih numpang di Dinas Pendidikan. Alhamdulillah tahun ini sudah punya gedung sendiri yang megah guna pelayanan akademik dan perkuliahan jarak jauh untuk mahasiswa. Ini saya kira kemajuan yang luar biasa. Apalagi jumlah mahasiswanya juga meningkat dari tahun lalu 800 orang sekarang jadi 1200,” kata Syaiful Munir.

Menurutnya ini perkembangan Pokjar UT yang terbaik se Indonesia dan merupakan wujud dukungan UT untuk turut serta meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Blora yang disambut positif oleh masyarakat.

“Beginilah cara UT untuk mendukung peningkatan kualitas SDM di daerah. Perkuliahan dengan tatap muka tidak mungkin bisa menjangkau seluruh wilayah negeri. Oleh karena itu, UT hadir ke seluruh daerah untuk mengambil peran itu dengan perkuliahan jarak jauh secara online. Terbukti di Blora banyak peminatnya. Semoga semakin berkembang dan didukung oleh Pemkab Blora,” terangnya.

Adapun, Wakil Bupati H. Arief Rohman M.Si, dalam peresmian gedung SALUT Mustika mengucapkan selamat kepada UPBJJ-UT Semarang Pokjar Blora yang telah berhasil membangun gedung baru untuk sarana pendidikan.

“Kami mewakili Bapak Bupati, mengucapkan selamat dan sukses atas diresmikannya gedung SALUT Mustika Blora. Namanya saja sudah bagus, SALUT. Maka kami juga salut kepada UT yang terus semangat meningkatkan kualitas sarana pendidikannya di Blora,” ujar Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga manyampaikan bahwa Pemkab siap untuk bekerjasama dengan UT dalam rangka peningkatan SDM di Kabupaten Blora.

“Program-program apa saja yang sekiranya bisa kita kerjasamakan, tolong Dinas Pendidikan bisa merancangnya. Nanti agar bisa dijalin MoU antara Bapak Bupati dengan UT. Mungkin tentang beasiswa, pengabdian masyarakat, maupun penelitian-penelitian yang bisa dirasakan manfaatnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” tambah Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, Pemkab Blora terus terbuka dengan berbagai perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kualitas SDM yang memang menjadi salah satu fokus pembangunan. Baik pembangunan daerah maupun pembangunan nasional.

Selain nantinya dengan UT, sebelumnya Pemkab Blora juga telah menjalin MoU dengan beberapa perguruan tinggi dalam rangka peningkatan SDM, seperti dengan UGM Yogyakarta, IPB Bogor, Udinus Semarang, UNY Yogyakarta, hingga Kementerian Kesehatan yang saat ini sedang mengembangkan Kampus IV Poltekkes Kemenkes Semarang di Blora.

Acara diakhiri dengan peninjauan fasilitas gedung SALUT oleh Wakil Bupati dan rombongan.(Endah/BB)

Related

Pendidikan 9173411702580211432

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item