PEMDES TODANAN BANGUN PASAR HEWAN

 



APDESINEWS.COM BLORA  - Salah satu upaya untuk menggerakan unit-unit usaha strategis bagi usaha ekonomi kolektif desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Todanan, Kecamatan Todanan,  kembangkan pasar hewan guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Todanan. 


Dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang ada, disamping meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa. Juga untuk meningkatkan kenyamanan para pedagang hewan saat bertransaksi.


Wardi salah satu pedagang Kambing mengungkapkan, dengan dipindahnya lokasi pasar hewan saat ini sangat mempermudah proses transaksi dengan para pembeli. 


"Disini lokasi cukup luas, jadi kita lebih mudah dan nyaman saat melakukan transaksi dengan para pembeli. Disamping itu, harga kambing di pasar ini tetap stabil," ungkap pria yang domisili di Desa Ngumbul itu. 


Terpisah, Sugianto selalu Kades Todanan menjelaskan bahwa pasar hewan merupakan salah satu unit usaha yang bisa dijalankan oleh masyarakat desa untuk memasarkan produk-produk peternakan. 



Selain itu, dengan adanya pasar hewan saat ini bisa menjadi sumber pendapatan bagi Pemerintahan Asli Desa (PAD). 


"Jadi, tujuan dari revitalisasi pasar hewan tersebut, guna mendorong terciptanya peningkatan ekonomi masyarakat kami. Disamping itu juga, ini adalah solusi permasalahan yang ada dipusat pemerintahan Kecamatan Todanan," jelasnya. 


Lanjutnya, untuk pasar hewan sendiri buka saat tiba hari pasaran Pahing (red-jawa), dan saat ini pihak bisa memberdayakan warganya sebagai pengelola pasar. 


"Alhamdulillah, disamping meningkatkan PAD, kami juga memberdayakan 10 warga kami untuk mengelola pasar," ungkap pria yang sudah menjabat 3 periode Kades itu. 


Guna mengoptimalkan pasar tersebut, pihaknya akan terus melakukan penataan lokasi pasar. Dan juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, agar kedepannya nanti bisa menjadi pusat kegiatan UMKM berbasis kemasyarakatan di Kecamatan Todanan. 


"Saya berharap, dengan adanya pengembangan para pedagang hewan bisa lebih nyaman dan pendapatannya ikut meningkat. Terutama bagi warga Todanan dan sekitarnya mengingat yang datang kepasar ini bukan hanya warga Todanan saja, tapi juga dari luar Kabupaten juga datang kesini," tutupnya, Senin (31/8). (RY/BB)

Related

Desa 1349778623941244348

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item