PEMDES SEMPU RESMIKAN GAPURA KAMPUNG CABAI


APDESINEWS.COM BLORA- Desa Sempu merupakan desa dipinggiran Kecamatan Kunduran, yang tidak banyak orang melirik, tapi dibawah kepemimpinan kades muda M Lilik Zubaidi, S.Sos.I SH saat ini Sempu disulap menjadi desa kebanggaan warganya. Sedikit demi sedikit Sempu mulai bersolek, bermula dari perombakan kantor desa, pemanfaatan Dana Desa untuk pembangunan desa secara bergilir bagi setiap dukuhan di wilayahnya.

Lilik mengatakan, tahun 2020 ini berkat swadaya masyarakat serta bantuan partisipasi dari perusahaan pendamping petani, sehingga pembangunan gapura Kampung Cabai yang peresmiannya dilaksanakan hari ini bersamaan dengan kegiatan Temu Tani, Senin (19/10) dapat dilaksanakan.

" Dukuh Guplo Kulon desa Sempu merupakan dukuh rintisan wisata yang merupakan impian warga, dan bagi saya mimpi warga tetap harus diwujudkan dengan ditandainya pembangunan serta peresmian Gapura Kampung Cabe hari ini. Dukuh ini oleh warga sawahnya banyak ditanami cabai, sehingga terpikirkan oleh saya memaksimalkan potensi yang ada, " jelasnya.

Kades muda ini terkenal supel oleh warganya, banyak inovasi yang dia ciptakan untuk pengembangan desa. Seperti yang di ungkapkan oleh Warsi(45) warga dukuh Guplo Kulon.

" Pak Lurah ini orangnya baik, semanak sama warganya, kalau ada gotong royong pak lurah tidak malu untuk turun tangan membantu pekerjaan. Saya senang mbak dukuh saya menjadi bagus, di depan gapura ada patungnya pak lurah untuk terimakasih kepada pak lurah telah membangun dukuhan kami, " jelasnya.

Sujianto Ketua Kelompok Tani Sido Mukti menjelaskan, atas inisiatif pak Kades didirikannya gapura Kampung Cabai Guplo Kulon nantinya akan dibuat destinasi wisata Cabai.

" Kampung cabai adalah impian dari semua warga dukuh Gaplo Kulon, dengan ditandainya pembangunan gapura kampung cabai. Sebagian besar warga kami menanami lahan mereka dengan tanaman cabai, luas lahan cabai di Gaplo Kulon 83 ha, sehingga cabai merupakan komoditas utama warga dukuh ini, " tambahnya.

Dody PT Berkat Makmur Indonesia (BMMI) mengatakan pihaknya membantu petani dalam penyediaan pupuk organik untuk peningkatan produksi pertanian.

" Kita memberikan pendampingan petani, khususnya didalam budidaya tanam yang berdampak dalam kesuksesan petani di hasil panen sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani, " tegasnya mengakhiri wawancara.(wien/bb)

Related

Ekonomi 222624601033751326

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item