ANJLOKNYA HARGA CABAI, MEMBUAT DINAS PERTANIAN BLORA BANTU BELI CABAI PETANI


APDESINEWS.COM- Anjloknya harga cabai merah saat musim panen disikapi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora dengan memborong langsung dari petani. Jumat pagi (18/1/2019), beberapa petani dari Desa Purworejo membawa ratusan kilogram cabai merah segar yang baru saja dipetik ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus ikut langsung dalam proses pembungkusan cabai merah segar ini bersama sejumlah pegawai yang ada di kantornya, untuk kemudian dibagikan kepada seluruh ASN.

“Pembelian langsung dari petani ini sebagai salah satu upaya untuk menstabilkan harga cabai merah. Pasalnya harga beli para tengkulak ke petani hanya sekitar Rp 8.000,00 hingga Rp 9.000,00 per kilogram. Dengan harga segitu, petani merugi. Kami ingin menolong para petani,” ucap Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus.

Kali ini pihaknya membeli langsung ke petani dengan harga yang lebih layak, yakni Rp 14.000,00 per kilogramnya. Sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan lebih besar.

“Sesuai arahan Bapak Bupati melalui Sekretaris Daerah yang meminta agar seluruh ASN ikut turun andil dalam penstabilan harga cabai dengan membeli langsung dari petani. Sehingga kami bersama-sama seluruh ASN mengawalinya dengan membeli 200 kilogram. Secara bertahap, dinas OPD lainnya juga akan melakukan hal yang sama,” lanjut Ir. Reni Miharti, M.Agr.Bus.

Jika hal ini berhasil dilakukan, diharapkan harga cabai kembali normal dan para tengkulak tidak seenaknya sendiri menentukan harga komoditas hortikultura. Sehingga petani bisa menikmati hasil panennya dengan baik.

Sukirno mengatakan, para petani dari Gapoktan Bina Tani Desa Purworejo, Kecamatan Blora, yang mengantarkan cabai merah ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan mengaku senang karena hasil tanamannya bisa terbeli dengan harga tinggi sehingga bisa menikmati keuntungan.

“Kemarin tengkulak hanya memberi harga Rp 9.000,00 per kilogram. Tidak menutup biaya produksi, malah rugi. Alhamdulillah ini dipesan Dinas Pertanian dan dibeli dengan harga Rp 14.000,00 per kilogramnya sehingga sudah mendapatkan keuntungan,” ucap Sukirno.

Pihaknya berharap seluruh kantor yang ada di Kabupaten Blora bisa bersama-sama membantu petani dengan membeli cabai hasil panennya. Harga Rp 14.000,00 hingga Rp 15.000,00 itu menurutnya masih murah dan dibawah harga pasar, namun petani sudah untung.
“Di desa kami ada lahan cabai merah seluas 30 hektar yang semuanya mulai masa panen pertama. Jika semua cabai bisa dibeli langsung oleh para ASN di Kabupaten Blora, betapa senangnya para petani,” Terangnya(Ag/Teg)

Related

Pertanian 622922168198708300

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item