Warga Blora Manfaatkan Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar





APDESINEWS.COM- Banyaknya limbah plastik yang berceceran dan sering kali menjadi permasalahan lingkungan, membuat Gunawan dan sahabatnya Sudirman  warga Kelurahan Jetis, Blora ini mencoba berkreasi dan berinovasi. Sampah plastik yang ada di sekitar lingkungannya dicoba dikumpulkan dan diolah dengan alat sederhana yang diciptakan sendiri menjadi sebuah bahan bakar minyak.


Saat ditemui di rumahnya, Jumat  (19/01/2019), Gunawan dan Sudirman menceritakan bagaimana awal mula timbulnya ide mengolah sampah plastik menjadi minyak. Menurutnya inovasi ini muncul ketika ia prihatin melihat banyaknya sampah plastik tak terurus dan ingin memanfaatkannya menjadi barang yang lebih berguna.

“Sampah masih menjadi permasalahan utama hingga saat ini, banyak sampah plastik setiap harinya dan binggung untuk mengatasinya. Jadi saya mencoba untuk mengolahnya,” ucap Gunawan


Menurutnya dalam mengolah sampah untuk dijadikan bahan bakar minyak ini, ia rela mengumpulkan sampah plastik di sekitar rumahnya untuk  mengolahnya untuk dijadikan bahan bakar minyak. Ia membuat alat sederhana untuk membakar plastik serupa dengan penyulingan minyak.

“Satu kilogram sampah plastik saya coba menghasilkan ¾ liter bahan bakar,” ujarnya.

Gunawan mengaku, inovasinya ini mulai ia tekuni sejak tiga bulan yang lalu. Dengan memanfaatkan limbah plastik di sekitar rumahnya, kini bisa menghemat bahan bakar pengganti minyak tanah.


Kedepan, lanjut Gunawan dan Sudirman, ia ingin mengembangkan inovasi ini agar lebih baik lagi, sehingga menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan sampah plastik yang hingga saat ini terjadi.

“ Kedepan saya ingin  mengembangkan alat ini .sehingga, harapannya sampah plastik yang menumpuk bisa terurai dan bisa mengurangi pencemaran lingkungan,” lanjut Sudirman.(Ag)




Related

Ekonomi 4558528095749580888

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item