Bumdes Kajengan Lirik Potensi Wisata Air

Tim SAR Desa Kajengan siap laksanakan tugas.
Bentuk Bumdes pengelola
Blora, Apdesinews - Dengan berbasis potensi alam yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, kepada warga Desa Kajengan, yaitu berupa Sendang Tirta Kajengan, Kepala Desa Kajengan, Kecamatan Todanan, Sugiyanto berinisiatif untuk membangun potensi wisata wahana air, dari sendang yang lokasinya cukup strategis, yaitu berada di tepi jalan Raya Ngawen - Todanan, yang secara administrasi merupakan aset jalan milik Pemerintah Propinsi Jawa Tengah.

" Kami ingin membangun potensi alam desa, yaitu membangun objek wisata wahana air di Sendang Tirta Kajengan, yang sudah ada sejak nenek moyang kami, disamping menjaga kelestarian sumber mata air, nantinya juga bermanfaat untuk mengembangkan ekonomi warga, dan pengelolaannya saya serahkan kepada Bumdes yang kami beri nama " Muuncul Jaya " paparnya.


Kades Kajengan, Sugiyanto (bertopi)
didampingi Ketua Bumdes, Setyo Wibowo
Anggarkan Rp. 50 Juta
Untuk memulai pengelolaan Sendang Tirta Kajengan itu, dalam musyawarah Desa, telah disetujui untuk pemberian anggaran belanja modal sebesar Rp. 50 Juta, melalui APBDes Tahun 2018, yang penggunaannya adalah untuk membeli 3 unit wahana sepeda air berbentuk bebek, pelatihan pengurus Bumdes, dan pembelian rompi pelampung anggota pengawas dan penyelamatan korban bencana atau kecelakaan pengguna jasa. Menurut Setyo Wibowo, Ketua Bumdes setempat menjelaskan bahwa pihaknya akan mengelola dengan sebaik - baiknya amanat sekaligus kepercayaan dari Pemerintah Desa Kajengan.

" Dana sebesar Rp. 50 juta ini telah kali manfaatkan sesuai dengan perencanaannya, yaitu untuk pengelolaan wahana air, untuk tahun ini (2019.red), pemerintah Desa juga telah menganggarkan sebesar Rp. 100 Juta, untuk pengembangan, terus terang ini Dana yang dibutuhkan masih kurang banyak, kali berharap Dinas Pariwisata bisa membantu kami, impian kami bisa seperti di Ponggok, Klaten," ungkapnya.


Investor tertarik danai
Sendang Tirta Kajengan, Desa Kajengan - Todanan
Keindahan alam Sendang Desa Kajengan dulu pernah dilirik oleh investor bidang pariwisata.
" Dulu pernah ada yang mau investasi sebesar Rp. 10 Milyar, dengan syarat Desa akan mendapatkan bagi hasil, namun prosentasenya terlalu kecil, dan tidak ada batasan waktu, kalau skema seperti itu, jelas kami rugi, mestinya ada kontrak sekitar 10 atau 20 Tahun lah, sehingga bisa menjadi aset desa, kalau skemanya begitu kami berani diinvestasikan," papar Kades Kajengan, Sugiyanto kepada media kesayangan anda, Monitor Ekonomi.

Dengan melihat potensi perkembangan ekonomi dan pariwisata Desa, Sugiyanto bahkan pernah menganggarkan sendiri secara pribadi, untuk membuat master plan Sendang Tirta Kanjengan.
" Kalau ini dibenahi dengan sungguh - sungguh, saya yakin berhasil, wong ini luasnya juga sama bahkan lebih besar dengan Ponggok kok, nanti kami studi banding kesana, bagaimana mengembangkan potensi wisata wahana air, dan sekaligus mengembangkan potensi pasar bagi hasil - hasil bumi dari. pertanian dan perkebunan warga kami," jelasnya dengan penuh optimis. (Rome)

Related

Desa 6505149476774969846

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item