Bawaslu Blora Beri Pelatihan Saksi Hanura


APDESINEWS.COM - Jajaran Panwas Kecamatan Blora  Kota , mulai menggelar kegiatan pelatihan bagi para saksi yang berasal dari kalangan Parpol dan Capres.

Bertempat di Pendopo Ketua  DPC Hanura Blora,  Edi Harsono sejumlah 30 orang saksi dari partai Hanura diberikan pelatihan oleh Panwas Kecamatan Blora Sabtu (6/4).

Ketua Panwas Kecamatan Blora, Slameta  mengatakan, pemberian pelatihan kepada saksi partai politik tersebut bagi yang sudah mendaftar di Bawaslu Blora. Dalam pelatihan, masing-masing saksi partai politik diagendakan selama 2 jam, sebab tidak boleh digabung.

“Bagi saksi partai politik tidak ikut pelatihan, jangan salahkan panwaslu kecamatan pada saat pemilu dilaksanakan,” tegas Slameta

Dirinya juga mengatakan, fungsi saksi partai politik itu untuk mengawasi berjalannya penyelenggaran pemilu di setiap TPS, salah satu contoh apabila ditemukan kejanggalan yang tidak sesuai dengan aturan, saksi berhak menegur petugas KPPS.

"Dalam pelatihan ini, kita berupaya memberikan pemahaman yang sama antara saksi, petugas KPPS dan Pengawas TPS. Dengan demikian, tidak akan ada perbedaan persepsi mengenai keabsahan proses penghitungan suara," jelasnya.

Dia juga menyebutkan, kegiatan Bawaslu memberikan pelatihan bagi para saksi didasari ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Seusai UU tersebut, Bawaslu mendapat tanggung jawab untuk memberikan pemahaman dan kecakapan bagi saksi peserta pemilu.

Sementara itu Ketua  DPC Hanura Blora,  Edi Harsono menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bawaslu yang telah memberikan anggaran dan meluangkan waktunya untuk memberikan bimbingan pelatihan kepada para saksi.

Dirinya juga berharap dengan adanya pelatihan yang diberikan dari Bawaslu ini para saksi nanti bisa bekerja dan mengawasi jalannya pemilu dengan baik.

“Kegiatan pelatihan ini selain kita menghadirkan para saksi kecamatan juga hadir pada caleg masing-masing dapil, semoga ini nanti para saksi bisa bekerja dan mengawasi jalannya pemilu dengan baik,” Ujar Edi (BB)

Related

Politik 8921416273573124863

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item