Jelang Hari Kemerdekaan, Kunduran Bakal Gelar Pitulasan Carnaval 2019



APDESINEWS.COM -Semarak 17 Agustus sudah mulai terasa saat ini.  Seperti halnya kecamatan kunduran dalam rangka merawat khasanah tradisi perayaan Tujuh Belasan, segenap elemen masyarakat Kunduran bersama pemerintah Kecamatan Kunduran meluncurkan Kunduran Pitulasan Carnaval 2019.

Kegiatan ini merupakan sebuah rangkaian acara yang diadakan dalam rangka peringatan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus.
Salah seorang tokoh masyarakat Kunduran, Wardi (54), menyatakan bahwa sejak kecil ia telah terbiasa menyaksikan acara ini.

“Agustus-an adalah salah satu peristiwa yang kami nantikan sebagai seorang bocah. Sebab selain lebaran, ini adalah salah satu peristiwa yang mampu membuat para perantau pulang,” ujarnya dalam acara peluncuran Kunduran Pitulasan Carnaval 2019 di Pendopo Kecamatan Kunduran, jumat (26/7/2019).

Wardi sendiri tidak mengetahui persis kapan acara ini pertama kali diadakan. Namun dari beberapa cerita yang ia dengar, perayaan ini konon sudah dilaksanakan sejak periode awal republik ini berdiri. Bahkan masyarakat berbondong-bondong datang dari segala penjuru desa, untuk menyaksikan perayaan tersebut.

"Konon mereka begitu tergetar mendengar suara pidato Sang Proklamator, Bung Karno, yang diputar di lapangan. Peristiwa yang barangkali hanya satu-satunya di seluruh Kabupaten Blora" jelas Wardi

Ketua panitia Kunduran Pitulasan Carnaval 2019, Drs. Yusman M.Pd.I, penyelenggaraan acara ini didesain untuk mewadahi segenap unsur masyarakat. Tentu dengan mempertimbangkan semangat dan esensi dari acara itu sendiri, yaitu sebuah wujud dari parsitipatoris masyarakat.

“Jadi untuk kepanitaan sendiri, misalnya, kami melibatkan masyarakat umum, khususnya elemen pemuda sebagai konseptor, kreator, sekaligus eksekutor untuk beberapa acara. Mereka dipilih juga dari berbagai macam latar golongan mulai dari mahasiswa hingga pekerja. Mulai dari Kunduran Barat sampai Kunduran Timur. Diambil secara proporsional dan mewakili. Sesuatu yang kami ejawantahkan dari Sila Persatuan Indonesia.” tutur Yusman.

Yusman mengaku dahulu acara ini diadakan dalam waktu sehari. Namun seiring perkembangannya, acara ini menjadi hajatan yang digelar dalam waktu beberapa hari, selama bulan Agustus.

 “Untuk tahun 2019 ini, acara dimulai tanggal 01 Agustus dan akan berakhir pada tanggal 31 Agustus. Acara-acara yang dihelat pada tahun ini, antara lain Parade Barongan Tujuh Belas-an, Kuliner Rakyat, Lomba Tetek, Lomba Foto Tujuh Belas-an, Parade Drumben, Panggung Seni Anak dan Remaja, Karnaval Pembangunan, dan Malam Resepsi,” ujar Yusman

Sementara Camat Kunduran, Hartanto Wibowo, S.IP., M.Si, berharap dengan diluncurkannya Kunduran Pitulasan Carnaval 2019 ini, nama Kunduran bisa lebih dikenal oleh khalayak luas.

“Semoga Kunduran Pitulasan Carnaval ini bisa menjadi trademark Kecamatan Kunduran sekaligus menjadi wahana kreativitas masyarakat: persentuhan upacara kemerdekaan dengan budaya dan unsur-unsur yang lain. Selebihnya agar acara ini mampu masuk dalam kalender “wisata” kabupaten.” harap tanto

Menurutnya pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan pada tanggal 17 Agustus saja, mampu menarik sekitar 8 ribu penonton, dengan adanya acara Kunduran Pitulasan Karnaval 2019 ini, jumlah penonton bisa lebih banyak.
"dengan terselenggaranya acara ini selain juga menggerakan ekonomi lokal, juga mampu merawat sekaligus menjadi etalase bagi produk lokal di masa yang akan datang, seperti: produk kesenian, produk kuliner, dan produk kerajinan masyarakat lokal yang lain." pungkasnya

Acara ini pada dasarnya memang berpokok pada dua hal, yaitu prosesi upacara tujuh belasan itu sendiri dan kemeriahan perayaan yang melingkupinya. Upacara bendera adalah momen wajib “detik-detik proklamasi” yang biasa diikuti oleh para pamong pemerintah, tentara, polisi, siswa-siswa, dan pegawai pemerintah lainnya di lapangan kecamatan, sedangkan masyarakat merayakan kemerdekaannya dengan menggelar arak-arakan kesenian di jalan raya. Jadi acara ini adalah semacam pesta rakyat yang berisi pelbagai produk kesenian lokal: Arak-arakan Barongan, Tetek, Bonang Renteng, dan sebagainya, dengan upacara Tujuh Belasan di saat yang sama. (Ag)

Berikut jadwal lengkap kegiatan Kunduran Pitulasan Karnaval 2019:

1. Lomba Gerak Jalan Linmas diadakan pada tanggal 01 Agustus 2019 di Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB.

2. Lomba Gerak Jalan diadakan pada tanggal 10 Agustus 2019 rute dari Lapangan Jagong – TPK Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB.

3. Lomba Tetek dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 di Halaman Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 19.00 WIB.

4. Malam Tirakatan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019 di Pendopo Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 19.00 WIB.

5. Parade Barongan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 di Lapangan Gajah Mada Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB.

6. Kuliner Rakyat dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 di Halaman Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB.

7. Upacara Detik Proklamasi dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2019 di Lapangan Gajah Mada Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 09.00 WIB.

8. Parade Drumben dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2019. Rute dari Polsek – Lapangan Gajah Mada Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 14.00 WIB.

9. Panggung Gembira atau Panggung Seni Anak dan Remaja dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Agustus 2019 di Halaman Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pukul 18.30 WIB.

10. Karnaval Pembangunan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2019. Rute dari Lapangan Jagong – TPK Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 08.00 WIB.

11. Lomba Foto Tujuh Belasan tanggal 17, 20, 21, dan 22 Agustus 2019 dari Instagram dan Facebook.

12. Malam Resepsi dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2019 di Pendopo Kecamatan Kunduran. Lomba dimulai pada pukul 18.30 WIB. )Ag)

Related

Berita 1089030233934758276

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item