Semen Gresik Tingkatkan Kompetensi Wartawan se-Jateng




APDESINEWS.COM-  PT Semen Gresik bersama PWI Jawa Tengah menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada Rabu (24/7) hingga Jumat (26/7) di Ruang Gladiol Star Hotel Semarang. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendorong peningkatan kompetensi dan profesionalitas wartawan.Kegiatan yang diikuti 30 wartawan dari berbagai wilayah di Jawa Tengah ini, dibuka oleh Wakil Gubernur, Taj Yasin Maimoen.

Taj Yasin Maimoen mengatakan, UKW ini penting untuk memerangi hoaks yang kerap memicu persoalan dalam berbagai aspek kehidupan. "Pemprov mengapresiasi Semen Gresik yang memprakarsai uji kompetensi ini, sehingga wartawan lebih memahami kode etik agar dapatmeredam hoaks,” katanya.

Saat ini, lanjutnya,banyak hoaks yang disebarkan sehingga meresahkan masyarakat.”Berkat UKW ini, kami juga bisa menyaring pihak-pihak tertentu yang kerap mengatasnamakan media namun untuk kepentingan yang tidak berkaitan dengan publik. Semoga Pemprov Jateng juga bisa dikirimi daftar pemegang kartu tanda lulus UKW. Jadi kami juga bisa membedakan mana wartawan yang abal-abal dan yangtelah tersertifikasi," harap Taj Yasin.

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum PT Semen Gresik Gatot Mardiana mengatakan,kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam peningkatan kompetensi wartawan.

“Peran mediasangat penting dalam menyajikan fakta, terlebih dalam era digital dan media sosial seperti sekarang ini. Penguatan peran media yang dibarengi peningkatan kompetensi dan profesionalitas akan meningkatkan kualitas informasi yangdisajikan,” ungkap Gatot Mardiana.

”Selain itu, media memiliki fungsi edukasi dan kontrol sosialdenganinformasi yang akurat dan terverifikasi. Semen Gresik menghargai kebebasan pers dan siap bermitra dengan media,” pungkasnya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud mengatakan, sejak 2015 lembaga yang dipimpinnya sudah menggelar UKW sebanyak 15 kali hasil kerjasama dengan berbagai pihak, baik pemerintah, perguruan tinggi maupun instansi swasta. Meskibegitu, Amir Machmud menegaskan kerjasama itu  takakan mempengaruhi netralitas serta independensi media dan wartawan.

"Anggota PWI akan tetap bekerja secara profesional dan independen," tandasnya.
 
 
Tahun ini adalah kali kedua Semen Gresik mendukung pelaksanaan UKW. Tahun lalu, kegiatan serupa juga diadakan dengan peserta wartawan di wilayah Kabupaten Rembang. Para peserta baik level muda, madya dan utama dibekali berbagai materi mulai dari kode etik jurnalistik, UU Pers, UU ITE dan lainnya.

Related

Nasional 6867689622054346061

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item