Peduli Kekeringan, Progata Blora Salurkan Air Bersih


APDESINEWS.COM- Musim kemarau tahun ini membuat sejumlah daerah di Jawa Tengah pun mulai mengalami kekeringan. Salah satunya adalah kabupaten Blora, daerah yang berada di ujung Timur perbatasan dengan Jawa Timur ini mengalami kekeringan lebih awal di musim kemarau tahun ini.

Kesulitan air bersihpun banyak dirasakan oleh warga Blora, tak sedikit warga yang harus terpaksa mencari dan mengambil air ditengah hutan yang jaraknya sampai 2 km. Seperti yang dialami oleh Umi, warga desa Semanggi, dimusim kemarau yang panjang ini dan bantuan air yang tidak ia dapat tiap hari membuatnya harus mengambil air dari tengah hutan yang jaraknya hampir 2 km dari rumahnya.

"Selama musim kemarau ini baru satu kali dapat bantuan air bersih, dan ini terpaksa saya ambil dari hutan untuk keperluan sehari-hari yang jaraknya 2 km," Ujar Umi Jumat (27/9).

Melihat kondisi tersebut  Paguyuban Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (Progata) Merespons, dan memberikan bantuan air bersih sebanyak 8 tangki yang sudah disalurkan di beberapa desa di Blora. Meskipun honor mengajar mereka saat ini jumlahnya kecil jika dibandingkan dengan para guru yang berstatus PNS, namun hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka melakukan kegiatan bantuan air bersih yang diberikan pada masyarakat.

Arys Eko Siswanto, Ketua Paguyuban Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan (Progata) Kabupaten Blora menyatakan, banyak warga Blora yang membutuhkan bantuan air bersih. Karena itu, dirinya mengajak para guru Honorer yang tergabung di Progata kabupaten Blora untuk memberikan iuran yang bersifat sukarela untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih.
“Pembiayaan ini dari kas progata di masing - masing kecamatan dengan iuran yg bersifat sukarela," ungkapnya.

Zamroni (60) Warga desa Ketileng kecamatan Todanan , menyambut bahagia bantuan yang diberikan oleh Progata Kabupaten Blora tersebut.

"Bantuan air bersih ini sangat membantu  dan kami mengucapkan banyak terimakasih  atas amal yang diberikan, semoga dapat imbalan dari Allah. selain itu semoga Progata segera mendapatkan SK dari pemerintah" katanya.

Adapun detail lokasi yang menjadi sasaran penyaluran bantuan air bersih Progata Kabupaten Blora tersebut adalah daerah kecamatan Jati, kecamatan Cepu, kecamatan Kedungtuban, kecamatan Kunduran, kecamatan Todanan, kecamatan Ngawen dan Blora.

Tak hanya bantuan air bersih, Arys juga mengatakan kegiatan lain dibulan oktober akan mengadakan donor darah di beberapa kecamatan yg baru akan kita atur jadwalnya.

"Ini semua sebagai wujud sosial kita kepada masyarakat kab Blora, serta eksistensi progata serta sebagai rasa syukur kami progata di hari jadi 1 tahun progata tgl 6 oktober yang akan datang," Ungkapnya. (Agung)

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item