Pemkap Blora Siapkan Pembukaan Pasar Hewan



APDESINEWS.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora mulai menyiapkan pembukaan pasar hewan untuk menuju new normal. Pembukaan pasar hewan direncanakan akan dilakukan pada Selasa (16/6) dengan Protokol kesehatan yang ketat.

Dari pantauan di lokasi, Sejumlah petugas dari Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dindagkop) nampak mulai melakukan persiapan. Seperti memasang bilik disinfektan, alat cuci tangan, membangun pos pengamanan serta memasang spanduk himbauan di beberapa titik.

Kabid pengelolaan pasar Dindagkop UKM, Warso mengatakan, Pihaknya tetap akan membuka 3 pintu utama pasar hewan. Untuk masing-masing pintu akan dijaga petugas gabungan yang nantinya akan mengecek kesehatan para pedagang maupun pembeli.

"Untuk pintu masuk tetap sama, ada 3 yang kita buka. Tiap pintu nanti akan diberi 5 unit alat cuci tangan serta dilakukan cek suhu.  Khusus untuk pintu masuk pedagang sapi akan kita lengkapi dengan bilik disinfektan, karena disana kan banyak pedagang dari luar kota," kata Warso saat ditemui di lokasi.

Menurut Warso, mengingat ini baru tahap uji coba untuk pertama kalinya, jam operasional akan dibatasi hingga pukul 11.00 wib. Penggunaan masker juga wajib dilakukan baik pedagang maupun pembeli.
"Ini kan masih uji coba, jadi operasionalnya akan kita batasi sampai jam 10.00 WIB, Maksimal jam 11.00 WIB sudah harus bersih semua," terangnya.

Sementara itu, Kasubbag tata usaha UPTD pasar wilayah 1, Tasminto menerangkan, untuk sosial distance lapak pedagang, sudah cukup aman. Namun yang perlu diantisipasi adalah kerumunan di pedagang sapi dan kambing yang diprediksi akan tetap terjadi.

"Kalau lapak pedagang sudah aman. Jarak sejak awal sudah hampir 3 meteran. Cuma nanti di pedagang kambing dan sapi karena kan pasti banyak orang. Nanti akan kita ingatkan terus untuk sosial distancenya. Saya sendiri nanti yang akan woro-woro," ucap Tasminto.(NN)

Related

Pemerintahan 778817689375466060

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item