Anggaran Pilkada Blora Sudah Cair 100 Persen



APDESINEWS.COM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora akhirnya bisa lega untuk menjalankan tahapan Pilkada 2020. Hal ini menyusul telah cairnya 100 persen anggaran Pilkada dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Ketua KPU Blora, M Khamdun mengungkapkan, anggaran Pilkada 2020 sudah cair 100 persen per tanggal 9 Juli kemarin. Jumlahnya secara keseluruhan mencapainya 26,8 Milyar.

"Per 9 Juli kemarin sudah cair 100 persen. Itu yang dari APBD, Hanya untuk tahapan, jumlahnya 26,8 Milyar," Kata Khamdun, Senin (27/7).

Selain anggaran tahapan yang bersumber dari APBD, untuk anggaran penanganan Covid -19 dari APBN juga telah cair. Jumlahnya 6,5 milyar.

"Sudah turun semua. Yang APBN untuk protokol kesehatan pandemi juga sudah cair," ungkapnya.
Menurut Khamdun, pencairan anggaran ini tergolong lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Sebelumnya, anggaran KPU akan dicairkan melalui 3 tahap oleh Pemkab Blora.

"Sebenarnya kan dulu akan diberikan 3 tahap, 40 persen, 50 persen dan 10 persen. Nah karena NPHD diganti karena ada kebutuhan anggaran, pencairan yang semua 3 tahap berubah jadi 2 tahap saja," paparnya.

Lebih lanjut, Khamdun mengungkapkan, sejak awal KPU Blora tidak ada masalah dengan mekanisme pencairan anggaran Pilkada. Terlebih saat tahapan dihentikan akibat pandemi Covid -19. Menurutnya, sejak pencairan tahap pertama, anggaran KPU baru terserap 10 persen untuk tahapan.

"Jadi tahap pertama kan kita dapat 10 milyar. Itu baru kita gunakan sekitar 10 persen sebelum akhirnya dihentikan akibat pandemi covid-19. Jadi mau anggaran cair lebih awal mekanisme itu kita serahkan ke Kemendagri. Kita tidak jadi masalah," jelasnya.(NN)

Related

Politik 1325848794135529644

Posting Komentar

emo-but-icon

Advertorial

Iden

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item