Berantas Hama Tikus, Pemkab Blora Gelar Aksi Gropyokan



APDESINEWS.COM- Dalam rangka mengendalikan populasi tikus sawah guna mengamankan padi di Musim Tanam (MT) ketiga pada tahun 2020. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora serta Pemerintah Kecamatan Kedungtuban dengan dukungan semua Kepala Desa, mengelar gropyokan tikus secara serentak di semua desa se-Kecamatan Kedungtuban selama dua hari, Selasa – Rabu (07-08/7/2020).

Uniknya, hasil tangkapan tikus dari warga tersebut akan diganti biaya oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Blora sebesar Rp. 1000,- per “buntut”.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Blora serta Pemerintah Kecamatan Kedungtuban dengan dukungan semua Kepala Desa, dengan membeli tikus per “buntut” tikus diganti biaya Rp 1.000,” Ujar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora Reni Miharti.

Ir.Reni juga menyampaikan, Pemerintah Blora melalui Dinas Pertanian berharap dengan diadakan kegiatan gropyokan ini agar petani tambah bersemangat gotong-royong dalam bersama-sama mengendalikan hama tikus atau OPT lainnya yang mengancam produksi pangan baik sekarang ataupun di masa mendatang, sehingga stabilitas pangan tetap terjaga.

Selain itu, kegiatan ini menjadi stimulan untuk bisa dilaksanakan petani bahwa pengendalian hama tikus secara rutin, serentak, gotong royong dan penuh kebersamaan adalah untuk kepentingan bersama.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora saat ini terus berupaya pengamanan pangan selalu dikedepankan dengan melakukan pengawalan produksi padi dari ancaman organisme pengganggu tanaman (OPT) baik yang dilaksanakan oleh Petugas Pengamat Hama Penyakit Tanaman (PHP), Petugas Penyuluh lapangan (PPL) maupun oleh para petani secara langsung.

Beberapa bulan terakhir ini hama tikus merajalela mengancam pertanaman padi di beberapa wilayah Kabupaten Blora termasuk di Kecamatan Kedungtuban. Berbagai upaya telah dilakukan oleh PPL dan PPHP yang bersinergi dengan petani diantaranya :

1.      Sanitasi, pembersihan lingkungan sawah yang digunakan untuk lubang tikus
2.      Penyuluhan pengendalian tikus secara terpadu oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dan Petugas Pengamat Hama Penyakit Tanaman (PPHP)
3.      Pemasangan Rubuha (rumah burung hantu), burung hantu (Tyto alba) adalah salah satu predator alami tikus
4.      Pemasangan plastik
5.      Pengendalian hama tikus dengan memberi Karbit atau menaruh kain yang dicelup bensin pada liang aktif
6.      Gerdal tikus dengan metode pengasapan/pengemposan menggunakan belerang
7.      Pengendalian tikus menggunakan pestisida umpan tikus
8.      Pengendalian dengan pestisida semacam petasan tikus
9.      Gropyokan dengan regu tembak tikus
10.  Gotong royong gropyokan tikus secara manual


Perlu diketahui, Kabupaten Blora sebagai salah satu sentra produksi padi di Jawa Tengah dengan produksi padi sebesar 576.948 ton gabah kering panen (GKP) dengan luas panen sebesar 108.532 ha di tahun 2019. Terdapat 3 (tiga) kecamatan penyumbang produksi padi dengan pola tanam padi 3 (tiga) kali dalam setahun, yaitu Kecamatan Cepu, Kecamatan Kedungtuban dan Kecamatan Kradenan.

Kecamatan Kedungtuban sebagai penyumbang produksi padi terbesar di Kabupaten Blora dengan produksi padi sebesar 23.896 ton GKP dengan luas panen 14.613 ha di tahun 2019.(Agung)



Related

Pertanian 294583438003246333

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item