Dinsos Gelar Pelatihan Produksi Aneka Kue Kepada Perempuan Warga Desa Sumber


 

Apdesinews.com BLORA - Dinas Sosial P3A Kabupaten Blora, gelar pelatihan  membuat aneka olahan kue berbahan baku waluh dan ubi kepada sejumlah perempuan Desa Sumber, Kecamatan Kradenan.

 

Pelatihan yang diselenggarakan di Balai Desa Sumber, Jumat (14/10/2022) lalu itu, dimana sebagai upaya meningkatkan produktivitas ekonomi perempuan dalam upaya penanggulangan kemiskinan atas dampak inflasi, dipandu dua  mentor yang juga pelaku UMKM, yakni Endang Sulastri dan Sedyo Agung Wahyudi.

 


Sebanyak 20 perempuan ibu rumah tangga desa setempat  cukup antusias berlatih membuat aneka kue, seperti  brownies, kue Semprit, kue lumpur, dan sejumlah kue lainnya.  Tak hanya itu, pasca pelatihan, para peserta juga menerima alat atau perlengkapan membuat kue.

 

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM, yang hadir di acara itu, menyatakan, pihaknya berharap agar kegiatan tersebut bisa memfasilitasi masyarakat Desa Sumber, khususnya para perempuan untuk semakin produktif.

 

“Semoga kegiatan pelatihan ini nantinya bisa membuat panjenengan semakin terampil, produktif dalam mengolah bahan makanan yang potensial di desa ini, dan bisa dipasarkan,” Jelas Wabup Blora yang akrab disapa Mbak Etik.  

 

Dikatakan, dengan bekal pelatihan pembuatan aneka kue tersebut, para peserta dapat turut serta memperkuat ekonomi, dimulai dari ketahanan ekonomi keluarga.  Penguatan ekonomi keluarga perlu untuk terus didorong untuk menanggulangi kemiskinan sebagai dampak inflasi akibat kenaikan harga BBM.

 

“Tadi panjenengan bisa mengolahnya, dan saya lihat hasilnya  ini potensial untuk dikembangkan dan dipasarkan nantinya, dan ini nanti bisa menambah pemasukan bagi ekonomi keluarga panjenengan,” paparnya

 

Setelah pelatihan, Mbak Etik ingin agar para perempuan Desa Sumber bersama-sama memproduksi dan memasarkan hasil produk kue olahan tersebut secara kelompok.   

 

Mbak Etik menambahkan, Pemerintah Kabupaten Blora akan terus mendorong pembangunan infrastruktur jalan, termasuk di wilayah Blora Selatan. Sehingga dengan adanya akses jalan yang memadai, diharapkan sektor perekonomian khususnya UMKM bisa tumbuh.

 

Sementara itu, Camat Kradenan, Nunik Sulistiyo Herniyati, S.Sos, menyambut baik adanya pelatihan yang diberikan kepada warga Desa Sumbe. Dengan bekal pelatihan nantinya bisa bermanfaat untuk para perempuan agar semakin produktif. 

Posting Komentar

emo-but-icon


Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

Text Widget

Connect Us

item